My proposal

Tadi jam 12 siang, baru saja saya selesai mempresentasikan proposal thesis. Alhamdulillah, akhirnyaa..  Selesai satu langkah. Tak terlalu grogi sih, hanya saja jadwal yang tadinya cukup 1 jam saja, sedikit molor jadi 1,5 jam.

Slide Power Point cantik penuh gambar yang sudah saya cicil sejak awal bulan lalu, mendadak minta direvisi hari Senin sore dengan penambahan data sementara yang harus diolah. Padahal datanya lumayan banyak. Walhasil, baru semalam jam 8 slide dianggap selesai. Itupun tadi masih dikomentari, katanya beberapa grafik kurang berwarna, terlalu plain… Kyaa, maaf-maaf saja deh.

Literature review yang sudah saya cicil dari pertengahan tahun lalu juga saya babat habis-habisan, karena saya melihat contoh proposal teman dari program lain kok rasanya 25-30 halaman sudah cukup. Jadilah, saya buat hanya 40 halaman. Ternyata, literature review inilah yang jadi pertanyaan besar, mengapa tidak dimasukkan ini itu. Mengapa data paper tidak dicantumkan, mengapa tidak ada level konsentrasi parameter yang bersangkutan, dan lain sebagainya. Padahal yang saya edit itulah, ternyata beberapa bagian yang dipertanyakan. Heu, nasib memang!

Lantas, metodologi juga rasanya akan berubah karena masih harus menunggu konfirmasi sampel biologi, sementara saya berpacu dengan tenggat. Jadi kemungkinan besar, nanti akan berubah haluan bermain cell line *entah mainan baru apa itu?* Sementara sampel eksperimen saya masih berjumlah ratusan.

Lalu saya kembali ke meja kerja dengan perasaan…. Lapaaaaar! *dari tadi perut berbunyi kukuruyuk*

Dinyatakan lulus sih. Yang benar saja, kalau berbulan-bulan kerja rodi lantas dinyatakan gagal bisa-bisa saya menangis darah. Lega sesaat. Tapi begitu melihat masih banyak gunungan sampel. Rasanya jadi kepingin kabur, haha…

Yaa.. yang penting satu per satu dan dicicil. Kalau tidak sekarang dimulai lagi, sedikit demi sedikit tidak mungkin semuanya bisa selesai. Jadinya mulai semangat lagi!

28 thoughts on “My proposal

  1. Mbaaaaa,…
    Jadi yang dinyatakan lulus itu proposal thesis nya yah?
    Thesis nya sendiri beloman gituh maksudnyah?

    Semangat terus yah mbaaaaa…
    Geura lulus dan pulang kembali kumpul bareng keluarga..

    Untuk menyemangati, boleh atuh sembari nonton drama alien si Kim Soo Hyun yg baru tea….hihihi…*malah menjerumuskan*

    • beluuum… Er, masih sisa 3 bulan lagi..

      aku udh selesai nonton Prime Minister.. live streaming tanpa teks.. bela2in pisan ya, haha… sekarang mah paling cuma nyalain variety show doang.. biar kamarnya rame🙂

  2. selamat ya mbak, sudah lolos satu step. suamiku jg baru selesai proposal bulan kemarin. skrng lagi sibuk penelitian… kalau liat dia depan laptop jadi kasian juga krn jidatnya sampe kerut2 gak karuan hehehehehe
    semoga lancar jaya sampe masa sidang ya mbak ^_^V

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s