Tahun baru China

Tadi pagi saya dikagetkan dengan bunyi bang..bang..bang lengkap dengan petasan bertubi-tubi lumayan kencang. Intip-intip tanggalan, ternyata esok hari adalah tahun baru China. Tidak ada yang berubah banyak, hanya saja laman facebook dipenuhi dengan ucapan happy new year di tahun kuda dari teman-teman setempat. Sebenarnya momentum ini menarik juga, karena saya sedang mempelajari sisi budaya China berkaitan dengan thesis tapi bukan sebagai subyek utama, hanya sebagai pengantar. Kalau saja saya bisa ke Yaowarat esok hari untuk mengambil momen tahun baru ini tentu akan menyenangkan.

Tapi masalahnya dari semenjak Bangkok shutdown tanggal 13 Januari lalu, saya jadi berpikir dua kali untuk keluar residence. Memang sih, angkutan umum masih lalu lalang di depan kami. Hanya saja beberapa titik yang masih ditempati para demonstran masih macet berat. Kami, para WNI yang bertempat tinggal di Bangkok memang sudah diwanti-wanti untuk tidak berkeliaran apalagi di malam hari bila tidak ada hal penting. Setiap hari masih ada demonstrasi, entah sampai kapan. Secara umum, kondisi Bangkok masih bisa dibilang aman. Hanya saja, kadang terasa aneh jika mendapati lalu lintas sekitar yang biasanya macet luar biasa menjadi lengang.

Untungnya juga, dalam minggu kemarin saya disibukkan dengan masalah riset yang berhasil memenjarakan diri di lab dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore setiap hari. Awal-awal masih gagah perkasa, lama-lama terasa juga jatuh bergugurannya. Minggu ini saya bedrest untuk persiapan ujian hari ini. Tapi entahlah, rasanya tak ada yang menempel. Walhasil, di sesi pagi saya masih bisa menjawab essay dengan sedikit pede, namun di sesi siang saya hanya senyum-senyum tak keruan. Lupa semua yang dibaca. Tadinya saya ingin meninggalkan satu sub mata ujian dengan halaman kosong, saking tidak ada ide mau nulis apa. Tapi karena takut dipanggil Ajarn dan diinterogasi, akhirnya terisi juga lima baris mengarang indah dan pasti ngawur, sementara teman-teman yang tak berhenti menulis jawaban dari jam 1 sampai 3.30 sore.

Bicara soal ujian, sebenarnya saya sedang fokus untuk maju proposal bulan depan. Jadi lumayan sibuk juga, walau masih sempat nonton live streaming Kdrama, hoho. Masalah yang berkaitan dengan akademi rasanya ingin saya lupakan karena GPA tak akan berubah banyak, sudah kadung mantap di tempat yang nyaman, haha.. Pasrah, yang penting lulus dan cepat kelar!

Jika di awal tahun masehi ini musim dingin di Bangkok mencapai 14 C atau umumnya 18 C, maka di tahun baru China ini cuaca mulai berubah menjadi lebih hangat, dan kemudian panas. Matahari bersinar cerah dari balik balkon kamar saya, memberi semangat untuk memulai hal yang baru…

Happy Tuesday! *kangen kue keranjang*

16 thoughts on “Tahun baru China

Tinggalkan Balasan

