Lagi-lagi soal

Minggu ke 3 sudah dilewati dengan terengah-engah, tapi masih ada seabreg materi yang harus disimpan di kepala. Masih 2x lagi kalau ingin teriak “aku bebaaas!” Kalau buat saya, mungkin ada tambahan catatan boleh bilang bebas kalau hasilnya tidak terlalu jauh dari rata-rata kelas. Kabar burungnya sih tidak akan ada ujian ulang. Jika mendapat hasil paling kecil dan sepertinya memang iya *habis siapa lagi yang paling tuwir, ga nyambung, dan ngos-ngosan?*, mungkin hanya akan diberi tugas tambahan. Aduh, biar saja deh. Pasrah!

Bicara tentang ujian saya jadi ingin cerita tentang tipe soal yang harus kami jawab kemarin. Semenjak sekolah ini, saya jadi takjub sendiri mendapati hasil karya fiksi sebuah karangan indah yang bisa bolak-balik satu halaman. Entah nyambung atau tidak, yang penting tulis saja apa yang diingat. Essay dalam bahasa Inggris? Jujur saja ya, aslinya saya ini minim banget dalam urusan English apalagi yang scientific. Entah writing, listening, speaking, apalagi grammar. Pokoknya pas-pasan banget. Kalau disuruh membuat blog dalam bahasa Inggris pun kayaknya nggak deh, kebanyakan suka lupa grammar dan miskin kosakata  Mahasiswa angkatan lama katanya sih bisa bikin jawaban sampai 4 halaman, Tapi sekarang sepertinya dibatasi, paling banter 1 halaman. Dosennya mungkin pusing membaca jawaban ngalor ngidul.

Iya.. saya paling suka disuruh menjawab soal essay. Meski kadang suka mati kutu kalau kebetulan tidak tahu jawabannya apa atau pernah baca tapi lupa *kebanyakan sih kasusnya seperti ini*. Ingat frame halaman dan posisinya ada dimana, tapi tidak ingat isinya apa, haha. Di awal jawaban biasanya tulisan tangan masih bagus dan rapi tapi lama-lama hancur tak berbentuk. Tidak konsisten dan menggambarkan perasaan hati yang sesungguhnya.

Tapi ternyata di unit 1 itu, di saat saya mati-matian menghapal ini itu kesana kemari. Mekanisme, bahan kimia, reaksi, definisi, dan lain sebagainya tiba-tiba kami disodori soal benar atau salah, pilihan ganda, jawaban singkat, atau mencocokkan. Tanpa ada essay.

Ya ampuuun, pengen nangis rasanya… *bercucuran airmata buaya*

Tau sendiri kan, benar salah itu bukan seperti jaman kita SD dulu. Tricky banget. Dan apesnya, saya sama sekali tidak tahu jawaban yang benar. Hanya tahu satu statemen, sementara statemen lainnya tidak yakin. Sudah begitu, jika harus memilih memang terasa sekali kegalauan yang ada. Persis seperti memilih kekasih hati. Jawaban yang benar saya contreng salah, demikian pula sebaliknya. Akhirnya di unit 2, jika tidak tahu persis jawabannya apa saya selalu memilih jawaban benar. Cari aman.

Sementara untuk pilihan berganda, nyerah. Beneran cap cip cup kembang kuncup. Pakai naluri dan bismillah. Plus faktor keberuntungan. Pilihan ganda yang penuh muslihat itu mengharuskan kita untuk  teliti dan mengerti semuanya jika ingin menjawab benar.

Ya, sebenarnya soalnya sih tidak terlalu susah. Hanya jawabannya saja yang tertinggal di handout *tuing..tuing*

Jujur.. kepala rasanya masih penuh.

–udah ah, mau lanjut TWTWB dulu–

39 thoughts on “Lagi-lagi soal

  1. kirain kalau pilihan ganda ngitung kancing🙂 eh iya ya bun kita pernah ym an hehehe ketauan pelupa udah tuir . udah lama juga gak login YM. mau coba login ah skr

  2. samaa mbak..
    tos…mau nangis rasanya saking banyak nya…
    ini itu…bingung…belom ini itu…lanjut ini itu…duh stepnya ra entek entek..belom kepending on the spot ada ini itu…
    ya allah….kapan saya berani bilang ” i am resign”…

  3. Ya ampun maaak…. Ikut merasakan penderitaanmu, mak Hilsya… Hiksss…

    Mosok sih enakan essay..?
    Etapi iya sih klo pelajarannya spt mak Hilsya… Dah mumet duluan kaliii…O_o

    Cuma bisa ksih semangat dari jauh maaaak….. Inget Hilsya… Hehehe…. Yg penting di mata mereka adalah, mamaku keren loh… Pinteer… Semangaaat maaak… ^_^

    • hr ini ujian anatomi unit 2 ttg renal, GI tract, blood, endocrine, special senses, immune, skin
      ga terlalu detil sih tapi plus ngapalin toksikannya..
      besok ttg kanker.. ada 11 slide *langsung mabok*

      btw, Thia.. pulang2 eike jadi apaan ni yak?
      sumpah, ga nyambung
      ahiiiks banget

  4. kalau jawaban essay, kita bisa ngecap kesana kemarih sih ya mbak hil. Dan dosen masih memberi nilai walau jawaban kita ngawur. namanya kita sdh berusaha. beda sama pilihan berganda, benar salahnya saklek banget…

  5. aduuuj mba, aku enggak suka yg namanya ujian, entahlah essay, pilihan ganda, benar salah sampe tebak gambarpun aku tak suka, hihihi ciri mantan murid malas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s