Semester baru

2013 ini artinya saya benar-benar terjun ke bidang sesungguhnya, belajar tentang environmental toxicology. Ilmu baru yang  dipelajari sekarang, di saat saya tidak muda lagi memang membutuhkan ekstra kerja keras.

Disuguhi buku primbon toksikologi salah satunya milik Cassaret & Doull seteball hampir 1300 halaman dengan tulisan kecil-kecil, plus isi yang menakjubkan karena banyak sekali istilah yang baru dengar sekarang membuat saya ingin menjadikannya sebagai bantal saja.

Ya ampuuun, apaan itu?

Baru kemarin saya menarik nafas sedikit lega karena berhasil lolos dari skedul MIT, sekarang ternyata lebih detil lagi. Padahal kemarin dengan sotoy-nya teman satu alumni menenangkan saya, sehabis semester I segalanya akan menyenangkan.

Menyenangkan apanya kalau saya harus kembali belajar kimia organik, biokimia, dan farmakologi? well, definitely I’m not in love with them…

drugsPerasaan… saya tidak punya cita-cita jadi farmakologis atau dokter deh.. ihiks

Jujur, saking awamnya sampai detik ini saya tidak tahu harus belajar mulai dari mana. Terlalu banyak dan langsung kompleks. Gambar di atas cuma contoh simpel saja, yang lainnya asli saya baru dengar sekarang.

Tapi karena.. terlanjur basah, ya sudah mandi sekalian *aiiih, dangdut sekali ye?*

Harus semangat. Mencicil materi sedikit demi sedikit sehari barang 2 jam untuk mengulang, 3 jam bengong di kelas mendengarkan kuliah, 2 jam baca primbon, sisanya teteeup ya harus menyediakan waktu untuk ngintip inet buat nonton variety show sambil download paper *alesan!*.

Ya minimal akhirnya sekarang saya tahu apa bedanya biotransformation dengan bioactivation. Atau apa yang disebut cytochrome P 450 monooxygenase, phase I dan II reaction, bagaimana mekanisme chemicals masuk ke dalam tubuh tentang LADME itu, dan lumayan nyambung. Sekarang tidak terlalu berada di awang-awang jika mereka membicarakan materi tertentu. Meski tentunya ingin langsung kabur jika ditanya mekanisme reaksi organik yang terjadi dalam tubuh atau tentang anatomi. Nyerah!

Perjuangan benar-benar masih panjang dan lamaaa.. *seperti iklan choki-choki..*

Walaupun baru seminggu berlalu, tapi saya banyak mengambil hikmah dari materi ini. Diajak berpikir bagaimana mekanisme tubuh melakukan respon terhadap benda asing yang masuk benar-benar luar biasa. Semakin disadari bahwa banyak sekali hal-hal kecil apalagi besar yang tidak kita ketahui.

Meskipun berat buat saya, tapi tetap harus semangat! Hanya saja saya lumayan shock mendengar kabar bahwa satu teman kami akan pulang ke negaranya karena gagal memenuhi kriteria. Salah satunya tentang GPA yang kurang dari 3. Sediiih banget. Tapi melihat ia tenang saja, saya yakin itu jalan terbaiknya. Ia memang sangat tidak familiar dengan bidang ini. Sama dengan saya. Bedanya saya sedikit lebih bisa mengerti. Setelah dia tidak ada mungkin hanya saya satu-satunya orang yang melongo dalam kelas *hiiiks, tambah pengen pulang kampung*.

Semoga sahabat juga tetap bersemangat menjalani aktivitasnya. Sekali lagi terimakasih atas supportnya selama ini…

32 thoughts on “Semester baru

  1. Mba Hilsyaaaaa…
    Itu teh apaan? Sumpah gak ngerti mba..
    Liatnya aja udah stres…hihiihi..

    Aku mah rumus perkalian aja cuman apal sampai 9 doang soalnya..hihihi..
    Semangat mbaaaa…
    Dan betol itu, harus tetep nonton variety show dan drama korea yah:-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s