Loy Krathong 2012

Perayaan Loy Krathong tanggal 28 November lalu diwarnai hujan seharian. Sejak pagi hujan yang turun tak berhenti membuat kami memilih tinggal di residence untuk istirahat setelah ujian kemarin. Saya browsing di internet untuk melihat dimana acara perayaan ini akan diadakan. Ingin menyaksikan untuk pertama kalinya, jika hujan sampai malam seperti hari sebelumnya maka acara menonton bisa dijadwal tahun depan.

Saat jam 5 sore hujan berhenti, kami bertiga memutuskan untuk pergi ke Asiatique. Niat banget, hihi.. Antara refreshing dan penasaran.

Sesampainya di Satthorn Pier ternyata banyak sekali penumpang kapal yang berniat pergi ke Asiatique. Melimpah ruah. Sampai akhirnya kami naik boat lain yang dioperasikan, membayar 20 baht. Biasanya gratis. Dan Asiatique akhirnya menjadi lautan manusia.

533557_471030972940515_451252965_n

Loy Krathong dilaksanakan untuk merayakan bulan purnama di bulan November. Loi atau Loy artinya to float, sedangkan krathong adalah banana leaf cup yang dihias sedemikian rupa dengan tambahan bunga atau apapun. Di tengahnya diberi lilin dan dupa. Jadi ceritanya masyarakat setempat membuat krathong dan menyimpannya di sungai sebagai persembahan pada dewi sungai. Semacam mitos seperti itu.

Asiatique yang terletak di tepi Chao Phraya menjanjikan pemandangan malam yang spektakuler. Kapal yang dihiasi lampu dan kembang api membuat suasana malam di tepi sungai terlihat sangat indah. Sayangnya saya tidak bisa mengabadikan keindahan asli via foto.

556151_471032079607071_1779129009_n

530866_471033296273616_772247473_nMomen kembang api dari kapal ini sebenarnya indah sekali, tapi karena saking terpana saya jadi lupa mengabadikan fotonya. Ditambah begitu banyak sekali orang berdesakan di sekitar dermaga plus kamera pinjaman yang kurang familiar di tangan.

Kami segera pulang sebelum jam 9 malam. Takut berubah jadi labu. Saat kami pulang pun ternyata masih banyak orang yang mengantri menuju Asiatique. Kabarnya perayaan berlangsung sampai tengah malam. Pemerintah Thailand mewanti-wanti untuk berhati-hati karena khawatir terjadi tindak kriminal akibat konsumsi alkohol. Counter(?) penjualan minuman beralkohol memang tersebar di berbagai sudut.

Sebenarnya perayaan Loi Krathong yang paling indah kabarnya berlangsung di Chiang Mai. Di sana juga ada festival Yi Peng. Mereka membuat lantern berwarna-warni dan menerbangkan lampion indah ke angkasa. Tapi rasanya penasaran saya kali ini sudah terobati. Cukup melihat hasil jepretan orang-orang via internet saja.

34 thoughts on “Loy Krathong 2012

  1. Foto warna biru yg diatas kembang api itu cantik banget Mbak Hilsya..Apa itu?
    Thailand ini selain jago mengembangkan buah juga jago memasarkan acara budayanya ya..

  2. Oww.. yg nerbangin lentera ke langit bukan di bangkok ya mbak. aku ada lihat di twitter duaransel itu foto fotonya keren banget. seru ya thailand. tetap melaksanakan perayaan untuk dijadikan pariwisata.

  3. alamak jang…*ikutan bahasa yang lagi sering digunakan kinan….takut jadi labu?? haduh derita hidup di resident yah …harus lapor melapor kalo keluar..dan berlaku jam malam..:) ..
    wah dari gambar gambarnya keren mbak…mengikuti suatu acara secara langsung kayak gitu pasti sensasinya luar biasa..iya ya mbak..mengobati rasa penasaran…mumpung lagi disana …:)

  4. Apresiasi tuk kemampuan negara gajah mengemas budaya lokal menjadi tontonan yang memikat ya. Budaya penggunaan banana leaf cup yang mirip dengan kita ya. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s