Museum of Siam

Dokumentasi perjalanan masih berlanjut. Postingan kali ini tentang Museum of Siam yang terletak tidak jauh dari Wat Pho. Karena tidak jadi menyeberang ke Wat Arun, akhirnya kami memilih masuk museum (lagi) dengan membayar tiket setengah dari harga resmi 100 baht untuk orang asing. Situs resminya ada di http://www.museumofsiamproject.com. Semua informasi dan berbagai foto keren tersedia secara lengkap. Foto di bawah ini hasil crop dari situs tersebut, menggambarkan penampilan keseluruhan isi museum.

Museum of Siam dibuka pada tahun 2008. Museum yang dibangun dalam konsep modern ini menggambarkan sejarah perkembangan Thailand dari masa ke masa agar pengunjung bisa belajar banyak hanya dengan bergeser dari ruang ke ruang.

Setelah membayar tiket, pengunjung diberi tag untuk masuk ke dalam museum. Ruangan pertama adalah sebuah teater yang bercerita tentang perkembangan Thailand secara singkat. Kemudian kami menuju ruang pameran terpisah yang bersifat tematik. Secara umum, desain interiornya terlihat sangat modern dan dikemas dengan lampu temaram.

Setelah melewati ruang teater, maka selanjutnya adalah ruang typically Thai. Terdiri dari replika tuktuk, tukang jualan pikul, tukang jualan pinggir jalan serta aneka simbolik yang menggambarkan Thailand. Selanjutnya adalah diorama Svarnabhumi yang dikemas dalam ruangan yang terkesan spooky, menggambarkan sejarah Asia tenggara di masa lampau. Yang saya lihat di peta ada Taruma di pulau Jawa, dan Sriwijaya di Sumatera. Kemudian ruangan selanjutnya bercerita tentang Buddhisme, kerajaan Ayutthayya, diorama peperangan, kehidupan desa, dan perubahan dari masa ke masa.

Nah, berhubung tidak bisa mengambil gambar dengan bagus walau sudah pindah mode night scene maka hasil foto-foto saya kurang mengesankan. Ini karena saya tidak bisa atau karena kamera? Jujur saja, tidak memuaskan *mau lempar kamera kok sayang banget*. Jika ingin melihat keadaan yang aslinya, silakan mengintip situs di atas. Mau lihat perbedaan antara foto pro dengan abal-abal? Ini dia… dicrop dari situs resmi, credit as tagged. Keren banget kan?

Makasih juga atas sumbangan 2 foto dari teman saya..

Iklan

32 thoughts on “Museum of Siam

  1. asyik ada temannya nih bun, gak bisa ambil foto dengan hasil yg bagus. eh tapi hasilku lebih kacau tuh 🙂 gambar paling bawah itu replika atau aslinya bun?

  2. Kita ga punya ya Mba Hilsya Museum of Indonesia gitu? Kebayang kudu sebesar apa ya museumnya untuk menampung semua sejarah perkembangan republik ini dari jaman duluuuuu banget. Hehehe.

    Btw potonya ga ada masalah kok Mba. Bagus-bagus ajah. 😀

    Ohiya barangkali tertarik monggo mampir juga ke blog saya yang baru Celengan Semar. Blog yang lama juga aktif.. 😀

  3. hmmm waduh musium..ini kegemaranmu yah mbak..hehehe..
    kalo sama anak anak kayaknya nggak cucok kesini yah??? hmm kalo musiumnya kayak musium satwa jatim park gitu mungkin kinan masih mau kali yah..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s