Oleh-oleh unik

Hari ini formasi staf di ruangan kami mulai lengkap. Seiring kedatangan mereka satu per satu, tiba-tiba stok persediaan makanan yang biasanya berstatus mengais remah-remah menjadi limpah ruah. Biasanya sih mereka membawa makanan yang tahan lama seperti kue kering tradisional. Penganan  seperti rangginang Sunda, jipang Betawi, lanting Kebumen, dakak-dakak & keripik sanjai Padang, dodol Bojong, enting-enting kacang Salatiga, keripik-keripikan dan kue ‘sisa’ lebaran mendadak hadir bertoples-toples di meja tengah. Saya sih biasanya membawa salak pondoh dari hasil kebun sendiri jika pulang mudik. Selain itu ada juga yang membawa oleh-oleh tape ketan berwarna hijau dari Kuningan yang wadahnya saja berupa ember (hihi..siapa yang makan coba? banyak banget..)

Tapi ada yang spesial kali ini. Dalam arti jarang-jarang kami temukan. Seorang teman yang baru saja bertugas dari Palu dititipi oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara yaitu bawang goreng. Kebetulan sehari sebelumnya saya juga melihat liputan tentang oleh-oleh ini di stasiun tv swasta. Bawang yang dipakai ternyata ukurannya jauh lebih besar dari yang biasanya kita temukan di Jawa, mungkin serupa dengan bawang merah dari Bima. Tadinya sih saya semangat pengen ikutan nitip minta dibelikan terlebih dahulu. Ternyata harganya mahal banget saudara-saudara, 1 kg bawang goreng Rp 250 ribu (serius nih saya ga percaya..moga-moga saya salah denger)

  

note : ga bermaksud promosi.. tapi yang dikirim bawang goreng seperti ini

Selain masih terheran-heran dengan bawang goreng yang tampil cantik namun rasanya masih tetep bawang juga, sore ini kami dikejutkan dengan oleh-oleh unik lain dari siswa yang ikutan magang di tempat kami. Sebetulnya sih bukan buat saya, tapi karena teman yang bersangkutan mengaku tidak doyan manis maka manisan terong ungu dari Garut ini dibagikan sukarela kepada siapa saja yang hadir di ruangan. Iya, ga salah ketik kok. Manisan terong ungu, bentuknya yang terong utuh. Ada juga yang sudah dipotong-potong. Rasanya? Manis..

note : penampakan sebelum dieksekusi, temen-temen memilih terong balado aja katanya :)

About these ads

45 gagasan untuk “Oleh-oleh unik

  1. Waaa asik sekali Mbak, punya kebun salak pondoh… nyummmyyy…

    iya Mbak.. waktu aku pulang dr Gorontalo jg dioleh2i bawang goreng Palu sama temen…. rasanya lebih manis, lebih renyah, dan tetep crunchy walau udah lama…
    haik… harganya muahal tenan… ckckck…

    yg terung ungu… walau unik… tapi kok … “geli” ya mbak… hihihi… Mama Hilsya nyobain gak? :-P

  2. Bunda Hilsya… kayaknya asik banget bisa ngelihat unik2 oleh2nya itu.. jhadi iri nih disini… di kantor sayah sepi luar biasa… tapi memang karena karyawan tak banyak… tapi ini jauh lebi baik daripada pas di kantor lama (saya satu2nya islam) hihihihi… duh duh,,,, masih adakah oleh2 untuk saya tersisa di sana? ^__^
    (bunda, komentar bunda bikin saya terharu di blog saya… kangen sekali rasanya… saya membalas disana betapa saya kangen semua tentang blog.. #berkaca2)

  3. Penasaran sama manisan terungnya. Kan agak lembek2 gitu, ya?

    kalo lihat liputan di TV, kelihatannya ga mungkin 25 rb, tapi kalo 250 rb juga siapa yg mau beli, hayoo…. Mungkinkah 75 rb? *nawar khas emak2 pengiritan*

  4. Manisan terong ungu dari Garut?
    Hihihi…malah belum tau kalo terong ungu bisa dibuat manisan :D
    *besok harus survey pasar*

    Hilsyaaaa…bawang goreng palu itu memang ngetop banget, saya udah sering denegr, tapi belum sekalipun pernah nyobain beli apalagi dikasih…huuuaaaa, sama kita, toss dulu ah…! :P

    • hayo atuh dicari mba..

      bawang goreng itu rasanya tetep bawang goreng kok..hihihi
      mba irma.. aku udah berhasil malak temen kok, 250 g itu banyak banget..aku minta 5 sendok makan, :)

  5. Saya ngiler sama oleh2 salak pondohnya aja, mbak, kapan dong dikirim ke Palembang?? Hiyaaaa…apaan sih??? :mrgreen:

    Btw, saya malah baru denger tuh mbak oleh2 bawang goreng dari Palu, dulu di Manado gak pernah denger deh, padahal banyak temen dan sodara bolak balik ke Palu. Harganya mihil amat yah, sekilo 250rb gitu, tapi emang untuk ukuran bawang, seons aja udah banyak kan yah :D

  6. semua makanan bisa dibuat manisan kayaknya yah,
    pernah nyobain manisan cabe, beneran manis nggak ada pedas2nya, bentuknya aja yang masih cabe, kalau manisan terong belum pernah liat

  7. Aku tertarik sama bawang gorengnya mbak hilsya! suka aja gitu ngeratahnya *btw tahu gak ya arti ngeratah? hehe* tapi mahal banget yak harganya.. ckckckck..

    Kalau terong dilihat dari penampakannya gak tertarik.. apalagi rasanya manis.. sukanya asin aku.. :D

  8. ya ampun, mahal banget si bawang goreng itu Hilsya :(
    gak jadi deh, makan bawang goreng hix .. :(

    buah dibikin manisan apapun jadi hilang rasa aslinya , bener2 manis sampai giung gituh ya Hilsya
    manisan cabe , manisan terong, juga manisan kedondong, udah manis aja semua rasanya :)
    salam

  9. Mbak aku mau tape ketannya…masih se-ember khan? utk aku aja klo ngga ada yang makan hihihihi…..

    enak yach kalo teman kantornya banyak…jd banyak makanan klo habis lebaran..duh jd kangen suasana kantorku yg dulu nech…..

    aku doyan banget yg namanya bawang goreng….apalagi yg khas palu ini yachh…harganya mahal gitu pasti rasanya enakkk…..tp kalo manisan terong…ngga tega makannya hihihi…..

  10. Waaa…mau bawang gorengnya. Tapi bukannya 1 kg itu banyak mam? tp liat 250rb nya kok ya tetep mahal ya? wah baru tahu ada manisan terong ungu. Pencipta makanan emang makin kreatif :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s