Aguenta Coração – Jose Augusto

Di postingan ke 200 ini saya menemukan harta karun setelah pencarian selama 18 tahun. Harta karun yang merupakan obsesi pribadi masa remaja. Beuuh, gayanya.. kayak yang penting aja.

Ceritanya… dulu tahun 90-an kan yang namanya telenovela atau novela itu booming banget. Mulai dari Escrava Isaura lalu Sinha Moca (Little Missy) keluaran Brasil yang diputar di TVRI pas jaman saya masih SD dengan dubbingan bahasa melayu dan jawa medok *tapi tetep aja ditonton*. Atau jaman-jamannya telenovela berbahasa Spanyol produksi Mexico dengan artis Thalia yang super seksi. Belum lagi produksi Venezuela, dan Colombia yang bertaburan bintang-bintang latin cantik dan ganteng.

Saking berkesannya (baca: mau aja diboongin ama telenovela) sampe sekarang kalo ditanya lewat telepon “ini siapa ya?”, saya masih suka ngaku sebagai “si cantik clara” ..hihi

Balik ke topik sebelumnya. Salah satu alasan saya bela-belain bolos kuliah demi nonton telenovela adalah karena seneng denger soundtracknya. Lagu-lagu asing berbahasa selain Inggris bagi saya terdengar selalu romantis, keren, dan berkelas *halah.. ga jelas apa maksudnya* terutama bahasa Portugis yang sengau-sengau seksi. Jadi novela keluaran Brasil adalah favorit saya.

Karena dipandang kurang menjual (baca : kurang laku di pasaran Indonesia), hanya ada empat novela Brasil yang pernah ditayangkan di televisi. Yang pertama adalah Escrava Isaura produksi tahun 1976 yang mendunia di tahun 1980-an. Lalu kelanjutannya tentu saja Little Missy. Film tentang perbudakan ini awalnya diproduksi tahun 1953, lalu menyusul berupa drama televisi tahun 1986  dan yang terakhir dibuat ulang lagi pada 2006 dengan bintang-bintang yang lebih menawan. Sisanya Test tube mother dan Fera Ferida.

Tapi saya bukan mencari Isaura atau Little Missy. Yang saya cari adalah drama televisi produksi Globo Brasil yang judulnya diinggriskan menjadi Test Tube Mother dan pernah ditayangkan di TPI senin -jum’at jam 12 siang *gilee..masih hapal aja*. Nah yang ini susahnya minta ampun. Tau sendiri kan orang bisa aja semena-mena ganti judul film. Dan asli, saking niatnya belajar Portugis via drama televisi saya masih hapal nama artis-artis yang berperan dalam novela itu. Saya jatuh cinta habis-habisan ama lagu pembukanya. Sumpah! Meski ga ngerti banget-banget, tapi dalem rasanya.

Berbekal nama Cassia Kiss dan Claudia Abreu, mulailah saya mengubek-ngubek mbah google. Dan ternyata semua web tentang mereka berbahasa Portugis semua, saudara-saudara.. hiks. Tapi saya tak gentar *gayanya!*, mulailah saya mengklik satu per satu judul sinemografi mereka dan akhirnya bertemu dengan  judul Barriga de Aluguel produksi tahun 1990. Dan memang benar, inilah yang saya cari-cari. (Barriga = belly, aluguel – rent) sebuah judul yang cukup membuat kontroversi, karena terjadi di tahun 1990-an.

Dengan penuh semangat akhirnya saya dapatkan lagu pembuka yang saya impikan hampir 20 tahun. “Aguenta Coração” – José Augusto yang liriknya dicontek abis dari sini. Kalo diterjemahkan dengan mengarang indah mungkin judulnya jadi Hold on, darling

Composição: Ed Wilson, Paulo Sérgio Valle e Prêntice

Coração, diz prá mim
Porque é que eu fico sempre desse jeito
Coração não faz assim
Você se apaixona e a dor é no meu peito

Prá quê, que você foi se entregar
Se na verdade eu só queria uma aventura
Porque você não pára de sonhar
É um desejo e nada mais

E agora o que é que eu faço
Prá esquecer tanta doçura
Isso ainda vai virar loucura
Não é justo
Entrar na minha vida
Não é certo
Não deixar saída
Não é não…

Agora agüenta coração
Já que inventou essa paixão
Eu te falei que eu tinha mêdo
Amar não é nenhum brinquedo
Agora agüenta coração
Você não tem mais salvação
Você apronta
Esquece que você sou eu…

Jose Augusto, muito obrigado

Maaf ga bisa menerjemahkan dengan tepat. Kalo pake google translation Portuguese – English artinya malahan ga keruan. Jose, makasih udah menyanyikan lagu yang bikin airmata buaya ini berderai-derai.. huhuhu

54 thoughts on “Aguenta Coração – Jose Augusto

  1. kalau jamanku dulu he..he.. Escrava Isaura, masih di TVRI, rasanya ini film Brazil pertama yang diputar di dalam negri sini, dan mungkin dubbing ke Indonesia pertama kali, ya gitu a la Indonesia teks jaman lama banget
    lagunya asik2 masih ala Brazil lama gitu deh.., sudah ketemu juga lagunya,

    jadi ingat alfonso (?) si penunggnga kuda, he..he..

    • iya mba .. aku udah edit, lupa masukin Isaura padahal yg mainin little missy juga sama-sama lucelia santos.dan film ini yg bikin aku rela melek malem-malem, hihi.. pdhal baru kelas 5

      aku seneng ama opening theme-nya..

  2. hebaattt.. masih apal ajah. Aku dulu juga suka nonton, tapi gak gitu fanatik juga, Kalo ada ditonton, kalo gak nonton juga gak papa…. hehehehehe…..

  3. haduh itu jangan jangan telenovela kesukaanku..sik apa yang ceritanya soal rahim yang dipinjam itu yah..yang suami isteri nggak bisa punya anak terus pinjam rahim perempuan lain…tapi lupa lupa ingat…ayo mbak review ceritanya dikit..
    walah harta karunnya soundrack itu tho..judulnya test tube mother itu apa nggak bisa di google translation ke pertugal???

    • iya bener..mama kinan.. huahaha..akhirnya bahagia ada temen
      jangan2 kita emang satu ari-ari😀

      test tube mother ga bisa konek dengan judul aslinya, ini hasil pencarian satu persatu.. *segitunyaa…*

      kalo mau liat di youtube ada nih, tapi bahasa portugis.. ga ada teksnya😦 ‘hiiiks

      • walah makkkk…itu telenovela di TPI kesukaanku..tapi jarang bisa lihat kayaknya daku masih SMA deh jeng waktu itu…apa dah kuliah yah..lupa lupa ingat aku suka banget, tapi asli aku nggak ngerti endingnya, karena emang jadwalnya aku nggak bisa nonton tiap hari…kayaknya si ibu yang dipinjam rahimnya ini gak rela anaknya diambil yah…:) terus kayaknya si istri itu takut suaminya jatuh cinta sama si ibu pengganti ini yah…walah akhirnya gimana tuh mbak…penasaran..abis..review ceritanya dong..dalam postingan baru …summary aja..request neh…

      • ada di akun shvoong aku, mam.. link-nya di lagu yg satu lagi.. postingan sore kemarin🙂
        hanya saja daku menyerah kalo disuruh liat youtube-nya, ga ada translasi.. masa cuma ngerti não e sim doang sisanya melongo

  4. Kalo sama Isaura dan Little Missy aku masih inget banget, mbak, walopun pas itu aku masih kecil banget, belum SD deh, masih TK gitu, maklum aku kan masih muda hihihihihi… Sama Fera Ferida juga masih inget dikit2 tapi kalo sama yang Test Tube Mother itu kok sama sekali gak tau yah? Mungkin karena tayangnya pas jam sekolah kali’ yah? Dulu sih ingetnya jam2 segitu di TPI tuh tayangannya si Mahabharata sama Ramayana…hihihihi..

    Btw, tulisan mbak ini bikin aku inget sama telenovela2 jaman dulu yang jadi favoritku, jadi inget lagi deh sama si Gadis Pemimpi..hihihihi…

    • haha.. Lis, palingan kamu lagi serius main ama temen-temen.. masih SD kan?
      iya, Mahabharata juga ngetop..

      Oh, gadis pemimpi? La Picara Sonyadora.. yang maen Sonya Smith bukan?
      *ngetes ga pake liat google*

      • salah…salah!!!

        Judulnya sih bener : La Picara Sonadora, tapi pemainnya bukan Sonya Smith. Kalo si tante Sonya itu maennya di Cara Sucia alias Si Muka Kotor. Nah, kalo gadis pemimpi itu yang maen si Mariana Levy, yang udah meninggal gara-gara serangan jantung itu… Si cowok yang maennya Eduardo Palomo (yang juga maen di Corazon Salvaje) juga udah meninggal, gara-gara serangan jantung juga…hiiikkksss..

      • huahaha.. ada koreksi dari tante Lisa..

        Oh, iya.. Sonya Smith yang main Cara Sucia.. jangkung pirang itu kan..
        eh serius? aku malah baru tau sekarang ini beritanya.. ntar langsung ngintip si mbah untuk tau kronologisnya..

  5. Ya dulu aku waktu kecil juga suka tuh nonton telenopela.. emang jadwalnya itu jam 12 siang yak. jd pgn cpt pulang sekolah deh.. byk seh judulnya.. tp lupa lupa juga, ada yg marimar, bety la fea dan byk deh.. hehe

  6. asik memang hidup di dunia digital sepertisekarang. memori masa lalu jadi tergali kembali:mrgreen: emang little missy itu tayangnya tahun berapa yah? saya tahu little missy dari lupus kecil:mrgreen: … satu satunya telenovela yang paling berkesan waktu kecil adalah telenovela carrousel yang ditayangkan di sctv … banyak pelajaran yang saya dapat. mulai dari cerita si kaya dan si miskin, warna kulit bukanlah penghalang cinta dan sebagainya😆 coba ditayangin lagi … soalnya saya cuman nonton beberapa episode …

  7. dulu juga sempat suka telenovela, sejenis rosalinda gitu kalo nggak salah.. hahahaha tapi nggak sampe belajar bahasa mereka segala, habisnya susah sih mbak.. tapi bener, saya juga ngakuin kalo tuh lagu-lagu emang easy listening dan kayaknya romantis gitu.. jadi pengen nonton telenovela lagi kan..

  8. little missy…. jaman kecil dulu, gak inget deh, udah sekolah SD belom ya…
    nontonnya sama kakakku. dibikin penasaran sama Anna yang pake cadar itu lhooo
    dan Nyonya Joanna yang dibilang gila. betul gak Mbak??? hehehheheee

    waktu itu sih, aku gak seberapa inget jalan ceritanya. yang paling keinget adalah baju bajunya yang panjang dan mengembang, juga topi topi yang indah, dan payung payung cantik…..
    sampe merengek ke ibu, minta dibeliin baju kayak little missy. hehehehheee

    • aku juga ga inget banget ditayang kapan.. ga terlalu berkesan

      haha..sekarang udah bisa jahit sendiri ya.. emang keren-keren bajunya.. kita ga pernah liat yg kayak gituan

  9. isaura pernah nonton deh wkt kapan itu ya. rasanya masih kecil deh wkt itu….tapi yg lain2 udah gak prnah nonton. ga suka telenovela sih. hehee..si cantik hilysa dong..

  10. Mbak mo tanya nih..bleh Ɣå媪?Btw test tube mother..endingnya gimana Ɣå媪? Apa anak y dkndung siclara beneran anak ny.ana atau anak clara ama tadeo (dkter tampan itu..)

    • anak ana ama zeca.. endingnya ana ama clara jalan berdua ngegandeng anak itu di pantai..

      hehe, ternyata ada juga yg nonton dulu🙂 di tpi ga sampe abis, ada di youtube tp bhs portugis

  11. hallo.. saya ren, salam kenal…
    saya memang lagi nyari film telenovela yang ttg nyewa rahim ini.
    ini tayang di tpi ya? kirain tayang di indosiar.
    kalo ga salah orang yang rahimnya di sewa itu ternyata adalah kakaknya yang udah lama terpisah. suaminya kaya nya suka sama kakaknya (orang yang rahimnya disewa).
    ini telenovela yang sama bukan ya? ato beda lagi?
    saya lupa judulnya… padahal nyari2 lagi sampe sekarang.
    soalnya ga tau endingnya gmn…

    • yg ini dari brasil.. titel asli : barriga de aluguel..tayang di tpi
      di youtube ada, tp bhs portugis🙂

      klo cerita yg dimaksud di atas ga ngerti.. saya seneng lagu2 brasil, banyak yg bagus🙂

  12. mo koment diluar tema ini dgn prtanyaan : ada yg tau gak judul telenovela yang juga pernah tayang di TVRI thn 90an, tentang seorang gadis yg balas dendam terhadap kematian bapaknya .. dia super tomboy, rambut sepinggang lurus, hidung mancung dgn bintik2 diwajah, kurus dgn dada yg hampir rata, kemana mana naik motor gede, helm, and jaket kulit hitam, punya piaran anjing, jatuh cinta sama cowo peran utama yg trnyata jd saingan adiknya .. duh, penasaran sama judul ni telenovela coz asyik liat ketomboyan tu cewe .. klo gk salah inget, nama peran tu cewe sbg Claudia gtu .. mohon bantuan tuk memecahkan kepenasaranan sy ini .. makasihhh pemirsa … (^__^)

  13. Hi saya lagi cari telenovela brazil juga tapi sama sekali gk pnya clue kecuali kisahnya ttg cewe tomboy yang mencari pembunuh keluarga nya dan akhirnya jatuh cinta dng anak dari pembunuh keluarga nya tersebut. Ada yang pernah nonton / ada yang ingat kah? Thank you

  14. Klo boleh tahu, apakah kak Hilsya inget dgn telenovela Secret of the Sand (Mulheres de Areia) yg diperankan oleh Gloria Pirez? DUlu tayang di TPI saat saya kelas 1 atau 2 SD gitu. Ceritanya ttg gadis kembar Ruth dan Raquel/Rachel yg bersaing utk mendapatkan cinta Marcos. Ruth gadis yg baik, sementara Raquel gadis yg jahat.

  15. buat yg suka fera ferida. ternyata telenovela ini di tayangin lg loh di brasilnya. udah ada di youtube jg. cm ya gitu deh. pake bhs purtugal jd ga ngerti

Tinggalkan Balasan

