Idealnya blog yang bagus itu hanya mewakili satu tema mungkin ya? Misalnya tentang kuliner, perjalanan, bidang pekerjaan, tumbuh kembang anak, resensi buku/film/lagu/sinetron (whatever deh).. tapi ya hanya satu itu aja. Jadi sifatnya spesifik dan fokus. Tadinya sih ingin membuat postingan semacam itu, tapi kenapa sekarang isinya malah jadi gado-gado ya?
Kenapa kebanyakan tentang curhat ga penting dan ga jelas gini? *siigh*
Lama saya pikirkan.. apa untungnya berkeluh kesah di dunia maya? Sempat sih baca beberapa postingan di blog-blog -yang sudah saya lupakan alamatnya- yang menurut saya ga pantas dikemukakan. Tapi balik lagi, apa hak saya buat menilai dalam skala pantas atau tidak? Ga ada. Itu sudah mencakup privasi seseorang. Mau jungkir balik, loncat-loncat juga terserah yang punya gawean kan? Paling aman, kalo suka silakan lanjutkan, kalo ga suka ya tinggalkan. Beres.
Ya begitulah. Karena saya penganut apapun yang saya tulis di tempat saya adalah hak saya. Sepanjang tidak mengganggu atau menyebut nama orang lain dengan jelas. Maka sesi curhat ga penting ini saya lanjutkan. Haha.. dasar emak-emak anggota klub galau!
Namanya juga kehidupan *mulai berfilosofis*. Pasti punya dinamika rasa supaya tetap hidup. Tinggal bagaimana menikmatinya bukan?
Darimana mulainya ya? Seliweran begitu banyak…
Dulu saya pernah cerita kalau saya ikutan bisnis semacam punya link menuju airlines. Saya bergabung dengan alasan efisiensi, untuk memudahkan pesan tiket karena mobilitas saya lumayan -meski belum pernah dapat upgrade kartu GFF *cuciaaaan*-. Ga seperti bos-bos yang hari ini di Batam, lusa di Yogya, besok di Makassar. Setahun mungkin saya bisa pergi ke lima kota, belum ditambah pulang kampung. Ya hanya efisiensi aja. Kalo menghitung profit mah.. beuh, kapan tau atuh?
Nah.. semenjak di kantor memilih pesan ke agen travel, rejeki saya -yang berada di angka 2-5ribuan per tiket itu- masih mengalir dari teman-teman lainnya. Ada lah barang satu dua. Tapi saya mengamati fenomena yang lucu.
Tentang seorang customer yang hobi banget bepergian. Kadang saya bingung, padahal kondisinya tidak fit 100%. Saya sering mendapati sms-nya meminta saya mencarikan tiket ke sana-sini tanggal sekian. Ada yang deal, ada juga sebatas penawaran. Ah, nevermind.. Ga mentang-mentang saya sudah ngabisin waktu dan pulsa untuk memberi reply lalu yang bersangkutan harus jadi beli. Namanya juga pelayanan.
Tapi kadang saya juga geleng-geleng kepala ngadepin customer. Misalnya saja dengan tiba-tiba dia meminta untuk pembatalan pergi, padahal tiket sudah diisued. Inilah ribetnya, umumnya jika kita akan membatalkan penerbangan kan biasanya diurus agen dalam waktu yang lama. Si agen saya ini, memang sudah bikin statemen dari awal teken kontrak bahwa kita setuju dia tidak mau mengurus pembatalan apapun alasannya. Jadi pemesan harus terima konsekuensinya. Kalo batal ya tiket hangus. Tapi saya sih ga sesadis itu. Biasanya saya usaha langsung ke kantor airlines di bandara atau menghubungi call center. Karena waktu itu saya sedang tidak di Jakarta, maka saya minta dia untuk langsung menghubungi call center. Dia terbelalak, mengetahui saat pembayaran tiket yang 1,6 juta itu hanya akan dikembalikan 450ribu saja bila dibatalkan. Akhirnya, dia memutuskan untuk pergi..
So you got the point? Kalo ogah-ogahan pergi ya jangan pesen tiket.. apalagi musim liburan seperti sekarang.
Ada juga yang ngutang tiket. Ini sih kombinasi antara saya aja yang terlalu percaya orang, tidak pintar (mau bilang tolol, ga tega sendiri), dan tidak bussiness minded. Dipikir-pikir mana ada, travel yang ngutangin beli tiket dan baru dibayar setelah ditagih terlebih dahulu. Yang sekarang ini kali kedua, dengan alasan keuangannya sedang seret. Tapi sampai sekarang saya masih bersikap gapapa. Memaklumi. Memang belum dibayar juga, dan tidak ada berita dari yang bersangkutan. Wadoooh… Btw, temen-temen kalo pesan tiket ke saya jangan sambil ngutang lho ya? Kasihanilah daku, hiiiks..
Tetapi masalah saya tidak berhenti sampai situ saja. Sedang enak-enaknya tidur *subuuh.. subuuh*, tiba-tiba saya dikejutkan dengan telpon dari seberang pulau. Dia mengabarkan bahwa saya salah mengissued tanggal penerbangan. Tanggal keberangkatan dan kepulangan menjadi sama dan sebangun. Oh.. tidaak! Ya begitulah, akibat permintaannya yang bolak-balik minta dicek semua penerbangan dan dicarikan yang paling murah, akhirnya saya yang ceroboh. Saya ga sadar hari dan tanggal. Semua salah saya.
Minta diganti dong? Jelas. Saya merasa bersalah karena telah membuat calon penumpang gagal berangkat. Akhirnya pagi hari itu saya harus merelakan uang sebesar 3x lipat dari harga semula untuk 2 orang, mana penerbangan harus hari itu, jauh, dan jarang pula. *Hm.. rejekiku*
Penggantian memang harus dilakukan. Saya ikhlas. Merasa biasa saja. Itu sejumlah uang yang cukup banyak buat saya. Melebihi satu bulan gaji. Saya harus meminjam uang itu dan akhirnya jadi punya tambahan cicilan. Tapi entahlah, saya seperti kehilangan sesuatu yang biasa saja. Bukan perkara nominal, tetapi tiba-tiba merasa tersadarkan.
Allah tidak akan memberikan ujian saat kita tidak mampu menghadapinya. Saya belajar banyak dari kecerobohan saya. Lagipun Ia sedang membersihkan harta saya, karena selama ini pastinya saya lalai untuk berdisiplin memberikan sebagian kecil dari yang saya miliki. Dan saya percaya bahwa Ia sedang dan akan memberikan ganti rejeki yang lebih baik. Halalan thoyyiban. Amin!
Ayo.. bersemangat mencari rejeki!
Pertama di blog-nya Hilsya???
OMG…
😉
hahaha.. mba Irmaa.. ngapain pagi-pagi? lagi bebas ya?
Rezeki memang harus dicari Hilsya, tapi misalkan toh belum dapat atau hilang, semua harus kita ikhlaskan…*berasa menasihati diri sendiri deh*
😀
berasa banget ya mba.. aura galaaww-nya..hihi
insya Allah ikhlas.. biar jadi pelajaran untuk lebih teliti
Iyaaaaa….masih pake daster niiiih… 😛
aku juga masih dasteran mba, tapi udah mandi.. whaaat? ginilah enaknya punya kantor dekat, hehe
beginilah kalau ibu-ibu ngeblog, pagi-pagi waktu penghuni laen belon bangun
*soktahu*
semangaat mencari rejeki yah Mbak,
insya Allah berkah
😀
amiin.. jangan lupa pake sun block yah? 🙂
Aduh.. duh.. duh.. kalo ganti rugi 3x lipat, aku bisa jual galengan pak kades, mbak.
mbak.. kenalin ama pak kadesnya dong? hihihihi….
dulu chika juga pengennya blog itu temanya satu
tapi skarang jadi gado2
gx apalah 😛
hehee…
yup rejeki itu Allah yg ngatur
insyaAllah akan ada rejeki yang lebih baik
artinya kita tuh ga konsisten ya Chik… hahaha.. ga punya ide buat cuap-cuap
cleguk, lebih dari gaji sebulan *semaput*
tapi ya memang, namanya harta, insya Allah masih bisa dicari 🙂
semangat ^^
tenang aja say.. ntar kusiapin minyak kayu putih deh biar ga semaput, hehe
Waduuuh ini para emak malah pada pamer daster hihihi….
Kok malah aku yg nyesek ya, mengganti lebih dari sebulan gaji 😦
Semoga gak terjadi lagi ya mbak….
dasternya yang bunga-bunga ga?
hehe, terimakasih atas empatinya.. tapi sebulan gaji saya ga buanyak kok.. cukup aja untuk memenuhi kebutuhan
gpp namanya juga blog sya, kan tempat curcol 😛
haha..toss
semoga bisa dijadikan pembelajaran kedepannya ya bun. ternyata sama dong masih dasteran walaupun udah mandi.suami ga ada ini ya hehehe
iya daster mah trade mark banget, jadi tambah free nih..
Rezeki emang harus diusahakan yah Mba.. Masalah untungnya bagaimana dan kapan urusan yg diatas… Tapi aku jd inget pesen Papaku bahwa, jangan pernah putus harapan pd Allah.. Semoga hari ini rezekinya lancar Mba 😀
Mba Hilsya… Apa kabaaar? Maaf baru mampir… Hihihi… Org yg baru ngerintis sesuatu pasti bawaannya ribet yah Mba.. Hehe..
Aku baca kebawah.. Tnyata Malang nggak lengkap tanpa bakso yah Mba… 😀
begitulah Tia… iya aku biasa aja kok, ga papa
hehe.. banyak yang udah kelewat
sangat setuju dan memotivasi sekali bu paragraf terahirnya..
“Allah tidak akan memberikan ujian saat kita tidak mampu menghadapinya. Saya belajar banyak dari kecerobohan saya. Lagipun Ia sedang membersihkan harta saya, karena selama ini pastinya saya lalai untuk berdisiplin memberikan sebagian kecil dari yang saya miliki. Dan saya percaya bahwa Ia sedang dan akan memberikan ganti rejeki yang lebih baik. Halalan thoyyiban. Amin!”
Ayo kasab aja lali bismillaah, mugo2 olih rejeki sing berkah, ben anak bojo pada bungah, sukur pisan bisa ziarah mekah madinah, 😀
amiin.. seneng deh didoain ama Mabruri.. 🙂
Hahaha ketawa ngakak baca “Tanggal keberangkatan dan kepulangan menjadi sama dan sebangun”, kayak pelajaran geometri aja (eh..benar ya geometri? *malah nanya 😀 *. Ayooo..ikutan semangat cari rejeki. Saya juga gitu mam, kalau kehilangan uang atau dipinjem tapi gak dikembalikan, saya berfikir, itu bukan rejeki saya dan Allah sdg mmbersihkan harta saya. Lha kalau dipikirin juga gak kembali kan? jadi ya positif thinking aja.
OOT mam, dulu SD nya dimana sih? Saya di Suryodiningratan IV. Kalau tinggal di mangkuyudan, kenal Sundari atau Wiwik gak hehehehe. Emang Mangkuyudan kecil apa ? 😀
mangkuyudan rumah keluarga ibu .. yang masih terpampang nama mbah kakung (alm) terpajang di dinding, tempat aku pulkam semasa abg.. hihihi..
sd-nya aku di jabar… orang sundaa pisan
Begitu ya mbak susahnya punya bisnis pertiketan, sepertinya ribet.. udah untung ga seberapa, diutangi pula, eh ini malah beresiko ngganti…
Semoga jadi pelajaran untuk kedepannya ya Mbak..
iya lagi dinikmati aja.. tapi yang untung banyak sih.. banyak juga 🙂
wahhhh sedih ya mbak…baru merintis usaha tapi banyak sekali cobaanya…aku juga pernah mbak….ada yg beli mukena dari malaysia 10pcs…trs ada yg salah 2pcs…masa dia minta dibalikin semuanya……yahhh saya ngga mau dong….tapi akhirnya saya kirim lagi 2 pcs mukena yang salah itu plus ongkir saya yg tanggung…sementara 2 pcs mukena yg salah kirim ngga aku minta…jadi totalnya dia beli 10pcs mukena dapat12 pcs mukena….tapi tetep aja dia komplain bilang mukena yg 8 pcs ngga sesuai harapannya…padahal itu udah sesuai pesanan…….
Sampai sekarang aku agak trauma kalo dapat order-an dr malaysia…
tipsnya sabar ya mama ina.. santai aja, dinikmati…
bisa dibuat refernsi saya nih kedepannya supaya selalu bertindak berhati² hehehe,,,mungkin rejeki Mbak Hilsya bukan yang ini atau mungkin akan mendpatkan rejeki yang lebih dari 3x lipat yang dikeluarkan tadi hehehe
amiin..mudah2an begitu ya sofyan.. ini juga lagi merintis, nguli lagi.. moga2 cepet terlunasi 🙂
Mau komen soal daster2annya dulu. Emang adem bin seger ya kalo berdaster ria hahahaha..
Jadi inget zaman baheula Teh, aku sempet jg kudu ngurusin per-tiket-an para bos, pernah salah issued begituh dan dimaki2nya ampun2an, hiks…begitulah nasib kuli ya *hadeeuh…malah curcol* :p
Bismillah, tetap semangat menjemput rezeki Alloh ya Teh 😉
orin.. daster adalah sebuah excuse untuk tampil sekseh… hihihi
sesama kuli boleh saling curcol
namanya juga usaha bu … udah biasa kali ya, bersiap menerima yang buruk, meski selalu ngarep yang baik2 aja …
namanya resiko ya bu?
Blog saya isinya memang gado-gado,
kadang malah sayurnya kurang seger, duh emak-amak kok malah curcol,,
ikut semangat menjemput rejeki,
btw saya kalau pesan tiket bisa tempo suka-suka juga kah, 😀
hwaaa… kenapa yang terakhir requestnya begitu? hihihi….
mo pulang ke sumbar ya?
mbak,, mbak,, pesen tiket untuk mudik ya,, bayarnya lebaran tahun depan ya mbak,,, 😛
yups,, ikhlas dan sabar aja, memang bukan rezeki kita,, nanti pasti diganti yang lebih..lebih.. banyak lagi… senyum dong.. hehhee
iyhaaa… sungguh teganya..teganya..teganyaa….
waduh, resikonya kalo salah bikin ngenes kantong juga ya…. costumernya juga ribet sih….
salam kenal 🙂
padahalnya untungnya ga seberapa .. ya begitulah dunia usaha *gayaa*
Wah, andai semua agen travel mau membayari dulu pembelian tiket spt itu ya? hehehe…
Makasih sharing ceritanya mbak, jadi tahu nih suka duka menjadi agen travel utk memesankan tiket bagi orang lain.
jangan ditiruuu.. don’t do it at home yah 🙂
Salam Takzim
Selamat malam mbak Hilsa
Saya juga masih sering melenceng dan ga fokus menampilkan segala bentuk budaya yang ada dinegeri ini, tergantung ajakan dan keinginan saja mbak
Salam Takzim batavusqu
aku juga akhirnya ikutan melenceng deh, Om..
jangan mudah hutang dan menghutangi deh mbak kalau untuk duit gede.. sabar, insya Allah ada ganti kok
kalo ngutang buat bayar cicilan kayaknya iya deh.. untung masih percaya
mungkin sedekah jawabannya
masud saya dengan bersedekah, sama artinya kita memesang bodyguard yang bisa menjaga harta kita heeeee …. sehingga tidak sulita mendapat “ganguan”
salam kenal mbak
iya.. sedekahnya kurang, jadi diminta sekaligus deh…
hehehe…iya, ada – ada aja ulah si customer. kalo gitu aku pesen tiket denpasar-jogja nya bu, DP dulu boleh?? 😆
whuaaaa… nangis kokosedan .. *masih trauma nih Ri* aku belum order lagi, secara deposit di bank-nya aja ga ada :p
wah, rada nggak enak juga yah kalo dapet pengalaman kayak gitu.. semenjak tragedi ketinggalan pesawat kemarin, jadi pelajaran buat saya kalo issued tiket tanggalnya open date.. bisa diganti kapan aja kalo nggak kepake pas hari itu, secara saya pergi kadang juga dadakan sih.
emang aku mentioned enak ya? hihihi… gimana atuh, emang harus dinikmati aja
Saya juga bersemangat, Mbak!
Saya permisi dulu, mau berangkat kerja…
silakan
blogku juga gado-gado mba, apa yg lg kupikirkan ya itu yg ditulis hehe :p
ngomongin customer memang bikin pusing mba, dulu ak jg kerja divendor saking banyaknya Customer yg minta dikirimin perbaikan progam aku pernah salah kirim program dan hasilnya saya dimarahin deh 😛
kalo bagian jasa dan pelayanan itu memang harus siap banting ya…
Hmm…i know what bunda hilsya mean in the email last time..halah nggaya pake english pisan..
intinya setuju banget….sabar yah bunda..bener..semua titipan Allah..insyallah diganti berkali lipat..percayalah bun…dan betapa kalo pada posisi spt bunda saya juga akan melakukan hal yang sama..lebih ke introspeksi…dan jadi pelajaran buat kita..”Pepeling” kata orang jawa…:)
thanks bunda hilsya advise-nya
iya.. kalo hanya diambil segitu artinya segitulah 2,5% kita.. sisanya berarti masih banyak kan?
siip.. seneng deh, liat mama kinan berkicau kembali