Kerupuk..kerupuk


Dengan yang ini jadi 2 kali rasanya bikin postingan ringan yang satu ide untuk kategori makanan melayang berjudul kerupuk, secara.. otaknya suka ga nyampe kalo mau bikin cerita bermutu.. *siiighh*. Sebelumnya saya haturkan terima kasih amat mendalam dan penuh ketulusan terhadap nenek moyang yang telah berhasil mengolah bahan apapun menjadi kerupuk. Acungan jempol buat kreativitasnya. Dulu, pernah ada orang asing yang ngobrol dengan saya di negeri asing juga mengenai kerupuk. Dia bilang selama di Indonesia dia suka makan kerupuk, rasanya kok enak banget ya? Heh… sumpah saya kaget! *mendadak kangen dan bangga ama si abang tukang kerupuk kalengan*

Ternyata membuat kerupuk itu relatif mudah ya.. *meski belum pernah dicoba di rumah*. Ini dia resep dasar  kerupuk yang saya copas dari  http://inforesep.combahan-bahan penunjangnya sebagai berikut :

  •  tepung tapioka 1 kg
  • bahan tambahan (ikan/udang/cumi/siput/sayuran/ayam/tahu/susu/kulit atau apapun)  1 kg
  • garam secukupnya
  • bawang putih secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya

Cara membuat  :

  1. Campur bahan tambahan dengan setengah bagian tepung tapioka hingga rata.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, campur dengan sisa tepung. Tuang sedikit air.
  3. Campur adonan udang dan adonan bawang menjadi satu. Tambahkan penyedap rasa, aduk rata.
  4. Tuang adonan dalam loyang panjang atau bungkus adonan dengan daun pisang bentuk bulat panjang. Kukus hingga matang selama kurang lebih 1-2 jam.
  5. Iris tipis, jemur hingga kering.
  6. Kerupuk  siap digoreng.

Sebenarnya alasan utama bikin postingan tentang kerupuk adalah karena sedari kemarin saya menghujani diri sendiri dengan makan kerupuk. Pertama, teman-teman yang baru pulang dari Bandung meninggalkan 2 bungkus kerupuk otak-otak dan kerupuk penuh MSG yang rasanya puedess banget. Bukan Ma Icih sih, tapi tetep aja tuh… kami semua anteng aja duduk depan meja ngumpul barengan *bukan meja kerja*, ga beranjak kalo belum habis. Kedua, teman yang baru pulang dari Lampung juga menyisihkan oleh-oleh kerupuk ikan/kemplang yang sambelnya enak banget. Pedes tapi manis. Hal yang sama terjadi juga, semua belum beranjak kalo belum titik darah penghabisan..🙂  Lalu ketiga, hari ini paket kerupuk ikan dan kerupuk gonggong dari tetangga seberang akhirnya sampe juga ke tangan setelah berada di awang-awang hampir seminggu. Waduh, seneng banget rasanya. Apalagi dengan bonus beraneka ragamnya itu. Makasih banyak ya mam. Akhirnya dapet juga ide untuk posting tulisan..

Oh, iya.. kerupuk siap makan ini memang obat pelipur lara gara-gara ga kebagian hadiah kerupuk mentah Tidung-nya Meutia.. Biarin deh, si anak kos aja yang suruh goreng-goreng, hihihi… Ah, rejeki mah emang ga kemana *kipas-kipas*

Have a nice weekend ya semuanya…

20 thoughts on “Kerupuk..kerupuk

  1. sok atuh, bikin, ntar kirim kesini ..
    di rumah pun selalu ada kerupuk, tidak pernah tidak, meski banyak yg bilang, bukan makanan sehat, tapi biarkanlah .. hehehe

  2. Pernah makan amplang gak mbak? Kerupuk asli Ketapang di Selatan Kalimantan Barat, kerupuknya dari ikan, huh, enak banget! *jadi ngiler sendiri*

    • iya pernah.. ngeborong amplang atau di Balikpapan/ Plk.raya bilangnya kuku macan.. ga nyangka ya.. padahal enteng, ga taunya pas bayar berat juga🙂

  3. yee ngambek gara-gara gak dapet krupuknya meutia ni yee? hahaha.. saya doonk, dapet malah bingung. tapi kalo saya, krupuk apapun itu selalu beli yang udah mateng. laah repot kalo kudu nggoreng dulu, apalagi sampe bikin satu persatu, trus dijemuur… *KuraangGawean

  4. Kriuuk…krenyeess, kerupuk emang enak Mbak. Apalagi keprupuk kemlang asli Palembang. Agak mirip dengan kerupuk yang dari Lampung, tapi enakan dikit yang dari Lampung. Dikiiit lho…banyakan enak kerupuk Palembang lho, he eh🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s