Survey lokasi sunatan

Hari ini rada melelahkan, sekaligus banyak ‘menguras isi dompet’. Kayaknya gara-gara perkara satu itu sih, jadi capeknya  kerasa banget, hehe.. Maklum udah akhir bulan.

Hm, tadi kita survey lokasi ke Rumah Sunatan di Bintaro. Saya sih cuma nebeng aja. Kebetulan ada temen sekantor yang punya anak umur 3 tahun dan pengen disunat. Mungkin ada sebagian orang yang memang menyunatkan sang anak pada usia dini, ada beberapa yang memilih di usia yang lebih besar. Tapi intinya sih kesiapan mental si anak. Dan rata-rata anak-anak dengan mudahnya ‘disogok’ pake mainan pesawat, mobil-mobilan, atau angpaw untuk disunat.

Rumah Sunatan yang kami datangi berada di bilangan Jalan Puter Sektor 5, dari Bintaro sih setelah STAN. Didirikan dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS. Ada beberapa cabang yaitu Jatiasih, Bintaro, Cipinang, Depok, Bekasi, Tangerang, Sawangan, dan Samarinda. Untuk lebih jelasnya informasi bisa diakses ke sini. Untuk fasilitas, di Bintaro terdapat tiga kamar tindakan, ruang tunggu nyaman, playground untuk anak yang tengah menunggu giliran disunat, goody bag, dan obat-obatan lengkap. Slogan semacam wallpapernya aja terbaca “batman dan ironman disunat di rumah sunatan”. Atau gambar seperti di bawah ini yang berada di ruang tindakan. Hehe, jadi ga serem kan?

Untuk pilihan metode, ternyata ada inovasi baru yang ditawarkan oleh pengelola. Selain metode konvensional, laser, yang terakhir adalah smartklamp. Gambar diambil dari situs resmi rumah sunatan.

Smartklamp adalah alat khitan sekali pakai (disposable) berteknologi tinggi, didesain untuk menghasilkan khitan yang lebih aman, cepat, dan canggih. Dengan metode ini, proses sunat tidak perlu dijahit atau diperban lagi. Lebih menyenangkan lagi, anak dapat langsung memakai celana dan bahkan sangat dianjurkan untuk mandi, serta menjaga kebersihan alat kelamin. Intinya, anak bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Lebih menguntungkan karena sifatnya aman, steril, mudah, cepat, mencakup segala usia, dan memuaskan dari segi estetika (nyontek dari brosur).

Sebelum proses penyunatan, biasanya orangtua mengajak sang anak untuk konsultasi dan pengecekan properti. Dua anak teman saya tadi dinyatakan lolos seleksi. Meski masih berusia 3 tahun, kondisi si adik memungkinkan. Sedangkan sang kakak, justru ada sedikit kelainan namun masih bisa diatasi. Sedangkan si kecil saya memilih untuk awet menggelengkan kepala saat ditanya mau diperiksa atau tidak. Ya sudah deh, namanya juga observasi. Minimal dia jadi bisa mengerti sedikit bahwa suatu saat dia harus disunat.

Oh, iya paket harga yang tadi ditawarkan adalah Rp 950rb untuk metode smartklamp, sementara Rp 500rb untuk metode konvensional. Sudah mencakup all in sampai pencabutan alatnya  4-7 hari kemudian (disesuaikan dengan ukuran properti). Biaya konsultasi Rp 50rb sekali intip dan ngobrol-ngobrol. Belum ditambah ongkos ke Bintaro, jajan KFC, pengen nyobain cheesecake dan roti Breadtalk yang notabene kerasa asing di lidah wong ndeso ini, plus beli buku. Nah, lho.. kebanyakan embel-embelnya!

Iklan

25 thoughts on “Survey lokasi sunatan

  1. Ternyata sunatan sekarang lebih mahal yah.. jaman saya sunatan dulu kayaknya seinget saya cuman bayar antara 150-300 ribuan dah termasuk obatnya. Sekali kontrol abis itu, cuman kena 40 ribu buat bayar dokter ma admin..

    untuung dah disunat 😛

  2. Eh, gambar temboknya kok sama dengan yang aku siapin? Mas Syafiq suka Naruto ya bund?
    Bentar ya kusiapin postingnya. 2 hari ini teler banget & selalu tidur awal & tidur siang.

    • itu sih gambar yg ada di tempat sunat kemarin.. mba..
      suka naruto, tp ada lagi yg lebih dia suka..

      tenang aja mba.. diperpanjang kok, soale jurinya lagi tugas luar kota nih 🙂

  3. wuih,,, enak bener yak sekarang sunatan udah bukan hal yang menakutkan lagi buat anak2.. bisa langsung pake celana pula, dan tempatnya asyik tuh mbak kayaknya

  4. Wah mengenai sunat ?

    Ketiga anak-anak saya … semua disunat ditempat yang sama …
    Namanya Sunat Bogem …
    (cabang Yogyakarta) di daerah Ciracas Jakarta Timur.

    Salam saya

    • ahhahahahhahahah… keknya aku tahu tempat yang di Jogja nya,
      karena tempat ini selalu rame nek aku mau touring ke arah solo,

      btw mbak, ngilu tenan mbak aku mbaca ini, sesuk nek aku punya anak, berapa biaya sunatnya yak?

      tadi pas baca judul aku kira apaan, mau nyari tenda atau pelaminan buat ngundang-ngundang abis sunatan gitu kirain.
      dulu jamannya adek ku di sunat di sunatnya di atas meja makan yang udah dikasih kasur, terus dipanggilin Bapak Mantri, dianya pake baju putih, dikerubutin ama sodara-sodara…
      tapi yang mbikin iri abis itu duit dia banyak! ampe bisa beli sepedah, super nintendo, sama tas, baju bagus-bagus.

      • iya Is.. dokter biasa aja, biayanya sekarang sekitar 400-an ..
        apa aku tunggu acara sunatan massal yg gratisan itu aja ya? hihihi….

  5. Hilsya…anak saya cuman satu, perempuan lagi…hehehe, jadi nggak pernah berburu lokasi-lokasi seperti ini deh…ehm, ehm, tapi siapa tau cucu saya kelak adalah laki-laki…Amiiiin…
    😉

  6. Fauzan taun lalu di sunat, biayanya 600 rb, harga yang tengah2, pake cara konvensional.
    Syafiq kapan disunatnya ? Emaknya udah siap2 dengan segala perhitungan, hehe

  7. pingin nyunatin anak pas liburan sekolah biayanya mahal,ada yg tempat miringan doktery sakit,daftar d RS Mitra Keluarga yg acara sunatan masal dah tutup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s