Gabung Mulung Tidung

 .

.

Hollaa Para Beaches Mania,

Kami dari Komunitas Travelling “ COUCHSURFING”, akan menyelenggarakan acara “CLEAN UP TIDUNG”, sebuah kegiatan “Wisata Mulung Sampah” di salah satu pulau paling eksotis di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Tidung. Seperti yang kita ketahui, Pulau Tidung yang menjadi target kami adalah salah satu Pulau tersibuk di Kepulauan Seribu, selain populasinya yang mencapai 5000-an jiwa, pengunjungnya pun juga selalu tak pernah sepi setiap weekend. Aktivitas tersebut sedikit banyak telah mempengaruhi kebersihan di Pulau tersebut. Belum lagi faktor musim angin tenggara yang akan membawa tumpukan sampah bermuara dipulau ini. Jadi sudah saatnya kita bergabung untuk TIDUNG. Nyampah bisaaaa, bersih-bersih juga harus lebih bisaaaa doooong !!!

Tidak dalam rangka menyambut hari penting apapun, aksi mulung pulau ini sengaja diselenggarakan sebagai salah satu tindakan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kelestarian pulau di lingkungan sekitar kita. Aksi kecil bermakna besar ini memiliki harapan besar. Dengan program ini semua orang, baik masyarakat sekitar atau pengunjung akan bersedia menyumbangkan waktu dan tenaga, terutama untuk kegiatan membersihkan pantai di pulau tersebut. Serta merta memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai di sekitar pulau. Sehingga semua khalayak dapat menikmati kelestarian dan keindahannya dalam tempo ke masa depan.

STOP SAMPAH, GO CLEAN NYOOOkk.. 🙂

========

Yup… itulah sepenggal prolog panjang lebar yang tiba-tiba masuk dalam akun grup traveling di fesbuk saya beberapa waktu lalu. Setelah sempat merayu sana-sini untuk kegiatan menikmati profesi pemulung, akhirnya hanya 2 orang yang berhasil saya jebak, hihi..

Tiap peserta kegiatan ini dipungut biaya 190 ribu per orang untuk makan 3 kali, kapal pp, kaos, dan penginapan. Yang namanya couchsurfers jangan mengharap fasilitas ekstra, karena mereka tidak pernah mencari fasilitas kelas atas dalam suatu kegiatan perjalanan.  Yang penting adalah momen di setiap perjalanannya. Umumnya mereka adalah orang-orang mandiri, pemberani, suka berpetualang, dan punya rasa saling percaya yang amat besar terhadap satu sama lain.

Banyak yang seru sepanjang perjalanan kemarin. Pertama, tiba-tiba saat kapal telah berlayar beberapa orang menyadari bahwa sebagian besar panitia masih tertinggal di Muara Angke. Nah lho? Haha.. untung masih bisa nyusul pake kapal lain. Akibatnya acara agak sedikit bergeser. Kedua, tiba-tiba hujan turun cukup deras saat kami beristirahat di homestay sambil menunggu waktu makan siang. Walah.. alamat gagal mulung nih, kalo hujan terus. Dan saya sudah punya niat busuk untuk ga ikutan mulung dan numpang tidur siang aja, hihi.. tanduknya keluar. Tapi rupanya niat baik emang selalu menang. Hujan berhenti pas jam 1 siang. Ketiga, para peserta seperti agak kebingungan dengan itinerary yang disediakan. Mungkin karena pesertanya mencapai 260 orang, jadi panitanya kurang well organized. Tapi sudah dimaklum, saat itu kami kan ikut komunitas CS bukan agen travel jadi harus lebih mandiri dong.

Acara inti berlangsung setelah makan siang. Masing-masing dibagi per grup untuk wilayah berbeda. Tiap orang dibekali satu kantong plastik hitam untuk memungut sampah. Setelah menyusuri wilayah perkampungan, benar sekali bahwa Tidung penuh dengan sampah yang berserakan, terutama sampah plastik. Saya yang orangnya gampang merasa jijik dan kurang tahan banting dengan kotor-kotoran, langsung geli setengah mati mencelupkan kaki di pinggir pantai. Whuaa.. tidaaak! Hiiiy…

Meski merasa jijik, tetap saja kantong plastik saya terasa lumayan berat. Ada sepatu, kain,bahkan diapers.. yaaaks, yang paling banyak sih bungkus plastik sisa makanan. Iseng-iseng sambil mulung bisa juga buat survey jenis jajanan apa aja yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. 😀

Ketika hampir jam 4 sore, acara mulung selesai. Karena kebingungan dengan proses pengangkutan menuju incenerator, maka berbagai kantong sampah  besar berwarna hitam dikumpulkan di suatu tempat untuk diproses lebih lanjut. Sementara peserta dipersilakan untuk melakukan kegiatan bebas. Oh, iya karena orangnya banyak banget maka kami ga kebagian sepeda dan berjalan kaki dari ujung ke ujung. Hebaat.. *sambil ngurut kaki karena pegel-pegel*

Paling seru lagi, karena satu dan lain hal akhirnya makan malam didelay (pesawat kalii) sampe jam 20.30 malam. Untungnya para MC penghibur selalu siap siaga menceriakan peserta yang kecapean dan keroncongan. Acara ramah tamah pada malam hari diikuti oleh para petinggi masyarakat pulau Tidung. Sementara setelah makan malam yang sangat pedas dan datang terlambat, saya memilih tidur saja. Besoknya kami memilih pulang lebih awal, jam 7.30 bukan jam 13 karena kebetulan teman seperjalanan mengeluh asmanya kumat dan seorang lagi membawa anak kecil. Sementara para peserta lainnya ikut kegiatan foto narsis dan bermain air (berenang, snorkeling, naik banana boat, loncat-loncat dari jembatan) sambil menunggu waktu pulang.

Tapi asli deh, overall kegiatan ini bagus. Ide dan niatnya perlu diapresiasi. Meski hasilnya kurang maksimal, karena memang sampahnya buanyak banget. Yah, baik penduduk maupun pengunjung juga harus sadar lingkungan. Ga seenaknya aja buang sampah sembarangan. Kalo bukan kita yang jaga, siapa lagi dong?

Eh baru sadar nih, liputannya masuk koran euy, lihat di sini. Atau bila teman-teman beruntung mungkin bisa ngeliat grup kami yang sedang heboh beryel-yel ria dipimpin leader Ozak yang tahan malu demi masuk liputan acara ANTV atau TransTV ya?

ji.. double o.. di.. je..o ..bi   good job, good job (ceritanya ngeja ala inggris sambil ngibas2in kantong hitam) 

Waduh.. Zak, ga kira-kira lo ye ngerjain orang tua, hihi..

Iklan

43 thoughts on “Gabung Mulung Tidung

  1. kereen kayaknya, nah ini nih yang kadang kelupaan.. banyak yang cuman piknik doank tapi lupa sama sampahnya.. moga aja banyak kegiatan yang sejenis kayak gini biar pulau Tidung lebih bersih lagi.. secara sekarang kotoor banget. hahaha..

  2. mantep acaranya..sambil jalan-jalan..sambil bikin kegiatan amal juga neh terhadap lingkungan..yang sering-sering aja tuh kaya gini xixi biar yang punya blog terbiasa dengan yang jijik-jijik 😀

  3. Haduh mantap pisan bun…andaikan saya dijakarta dan bisa ikut komunitas itu..jadi ingat juga aku dulu juga terkesima waktu ada program anak anak sekolah yang ngebersihin pingiran pantai di Rea Sea jeddah dari sampah sampah..jaman dulu sempat juga aku posting di blog lamaku …dulu bun waktu masih muda hehehe * sekarang dah tuwir* back to tulisan bunda..SIP semoga berjalan menjalar ke daerah daerah yang lain…atau dari diri sendiri..oke lah kalo berkunjung ke pantai nggak ninggalin sampah
    Add : Dasar naluri surveyor yah bun sambil mungut sampah tetap aja jalan tuh naluri * hehehe 🙂 peace bun

  4. Kegiatan yang bagus banget memang Mba Hilsya! Tapi kalau sampahnya segitu banyaknya, dan para partisipan hanya dibekali kantong plastik, kayaknya kurang ya… mgkn hrs ada semacam kapal pengangkut sampah…

    sayang, pantai seindah itu ternyata banyak kotorannya… ah.,.. semoga masyarakat tambah sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan… amin…

  5. mbak…. aku kemaren jalan jalan..udah deket pantai, tapi gak jadi ke pantai. duuuh nyesel bangeeeeeeeeeet

    lihat postingan ini, jadi tambah nyeseeeeeeeeel

  6. Thank you ya kemaren udah ikutan, maaf atas keterlambatan penyerahan makan malamnya. Kalau berminat ikut lagi, Juli ini jika tidak ada halangan akan ada GMT 2.

    Eniwei, gak hanya plastik yang ada di pantainya, saya nemu pembalut mengapung-apung.

  7. subhanallah, mulia sekali kalian 🙂
    kemarin sewaktu mau snorkling ke pulau air, dermaga pulau tidung buanyaaaaaaak bgt sampahnya. bahkan sewaktu masih di tengah laut n belom nyampe ke pulau air, ada PONDS dan NU Green Tea melayang2 di tengah laut.. duh, orang2 rajin bgt ya buang sampah sembarangan. ngga nyadar kalo itu sangat mencemari laut.

    makasi udah mau ikutan giveaway saya ya. tunggu pengumumannya 😀

  8. DICARI .. 500-600 jiwa dengan seabregg ide dan KEPEDULIAN..

    Kawan, pernah denger hebohnya Charity Event Gabung Mulung Tidung yang dilaksanakan bulan Mei lalu? Atau sudah pernah ikutan? Atau bahkan gagal ikutan gara-gara kuota yang terbatas?

    http://travel.kompas.com/r​ead/2011/05/04/15030924/Yu​k.Wisata.Memulung.di.Pulau​.Tidung.

    http://www.facebook.com/ev​ent.php?eid=21046518231602​3

    http://travel.kompas.com/r​ead/2011/05/15/0751008/Wis​atawan.Tidung.Jadi.Pemulun​g.Sampah

    http://www.kakigatel.com/a​ksi-bersih-gabung-mulung-t​idung/

    Mengangkat apresiasi dan animo masyarakat, kami para penerus GMT-1 bermaksud mengundang kamu semua, baik yang pernah ikutan GMT-1, yang belum sempet ikutan, dan yang penasaran pengin ikutan, untuk berpartisipasi dalam acara Gabung Mulung Tidung ke-2, yang akan diselenggarakan:

    Waktu: 17 – 18 September 2011
    Lokasi: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan
    Tema: Tidung Bersih Cerdas Generasiku

    Mengangkat tema “Tidung Bersih Cerdas Generasiku” tersebut, maka aktivitas Mulung pun kini lebih bervariasi dengan program-program Peduli Pulau lainnya, seperti:

    1. Penanaman Mangroove, Hayooo kawan-kawan, kapan lagi bisa tahu caranya nanam Bakau di sekitaran pantai, Maknai jalan-jalan kamu dengan pengalaman dan pengetahuan unik, serta belajar peduli lingkungan. Ribuan Mangroove telah disediakan untuk aksi kepedulian kamu kali Lohh..

    2. Peremajaan Taman Baca, Kata orang, Buku itu Jendela dunia, Gak cuma orang kota aja yang berhak belajar atau mendapat fasilitas buku pengetahuan secara mudah, murah atau bahkan gratis kaan, melalui sumbangan buku dan peremajaan Taman Baca di Pulau Tidung ini, gerakan aksi peduli pendidikan anak-anak pulau, yang juga penerus bangsa.

    3. Penanaman Batu Kubus, mungkin kata-kata ini asing buat sebagian orang, tetapi ini hal kecil yang musti dibesarkan. Kamu tahu bagaimana jangkar perahu snorkling yang dilempar ke laut merusak karang-karang dibawahnya, mungkin tak terpikirkan. Melalui Batu Kubus, yang merupakan sarana pengganti pengait jangkar, kita mulai gerakan peduli terumbu karang dan kekayaan bahari Indonesia.

    4. Halal Bihalal sambil Mulung, Menghirup udara Lebaran nanti, kami ingin mengajak kamu semua untuk merasakan Silahturahmi Lebaran di Pulau, dengan anak-anak pulau, wisatawan, jajaran Pemerintah, dan masyarakat pulau.

    Untuk mewujudkan keempat niat baik tersebut, kamu bisa ikutan kontribusi dengan membeli sarana pendukung berupa T-shirt “GABUNG MULUNG TIDUNG 2” atau GMT-2, selain untuk lebih mempromosikan kegiatan bersih pulau ini, keuntungan dari penjualan T-shirt keren itu 100 % akan di “PERTANGGUNG JAWABKAN” oleh panitia yang bersangkutan, untuk dijadikan sarana pendukung lainnya, seperti membeli Trash Bag dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan untuk upaya pemeliharaan sepanjang garis pantai.

    Diluar keempat acara utama itu, kamu tetap bisa menikmati gaya liburan kamu di pulau ini, bisa jalan-jalan disekitar pulau, ada Tanjungan dengan seabregg fun activitiesnya, Ngintip ikan dan terumbu karang cantik dengan Snorkling disekitar pulau, atau kamu juga bisa coba mitos si Jembatan Cinta, yang konon dengan melompat dari Jembatan tersebut, kamu bisa menemukan jodohmu. Belum lagi kuis dan hadiah-hadiah dari sobat pendukung, dijamin bikin liburan kamu makin seru.

    Atau mau Narsis-narsisan di Foto atawa di Video.. mau eksis di Kamera Poket, Kamera LSR, Facebook, Twitter, atau bahkan masuk TV dan Radio, bisssssssaaaa banget cuy, dengan senang hati TRANS TV, METRO TV, ANTV, Kompas.com, Detik.com, Green Radio, Gen FM, Majalah Panorama, Hers Magz dan lainnya akan menguntit kemana kamu pergii.. Huuuuuhuu.. Siap-siap demam kamera yah..

    Nah, kurang Fun apalagi cobbaa ( tetep sih Ide gila dibutuhkan), sok deh buruan daftar jadi peserta, jangan sampai mepet dari kuota lagi yah. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Agustus hingga 30 Agustus. Dengan estimasi budget TETAP SAMA dengan GMT-1, hanya Rp. 190,000.00 saja, harga tersebut sudah termasuk Tranportasi kapal PP (muara.angke-tidung-muara.​angke), Penginapan (non-AC), Makan 3-4x, dan 1 buah T-shirt GMT-2. Sedangkan untuk estimasi kegiatan lainnya seperti Snorkeling, Banana Boat, karena sifatnya individual, maka menjadi budget pribadi.

    Untuk Pendaftaran bisa ikuti petunjuk dibawah ini:

    1. Transfer biaya kepesertaan: 190,000 PLUS 3 no digit terakhir no telepon kamu ke Rekening dibawah ini. Misal: no telp kamu 087878808463, maka kamu harus transfer 190,463. Sertakan pesan pada transferan kamu dengan detil identitas nama kamu.

    BCA (Cabang Kemang II)
    No Rek: 62 20 24 67 34
    Atas Nama: ANDI AYU RAHAYU
    No Telp: 0815 884 8284 (Text ONLY)
    Email: andi_a_r@yahoo.com

    atau ke

    BANK MANDIRI (Cabang Falatehan)
    No Rek: 126 000 52 94 227
    Atas Nama: Kety Suci Sumbayak
    No Telp: 0856 9510 7229 (call before 14:00)
    Email: kreztys@gmail.com

    2. Konfirmasikan transferan kamu ke kedua email di atas (kreztys@gmail.com/andi_a_​r@yahoo.com), dengan catatan menyertakan:

    – nama lengkap
    – nomor telp
    – email (kalo ada email yang dipakai untuk Facebook)
    – serta ukuran kaos (XS/S/M/L/XL).

    3. Bagi kamu yang transfer dengan jumlah lebih dari 1 orang, harap sertakan masing-masing nama dan detil peserta yang ikut pada konfirmasi email yang tertera.

    4. Untuk informasi ter-update selanjutnya, panitia akan menghubungi kamu, baik melalui Email, Facebook, atau telepon.

    NB: Berkaitan dengan peremajaan Taman Baca, kami mohon kepada masing-masing peserta untuk menyumbangkan buku-buku dan alat tulis lainnya atau apa saja, baik buku pelajaran, atau edukasi lainnya yang tidak mengandung SARA, atau pornografi.

    Untuk kamu yang ingin menyumbangkan buku atau apa saja yang berkaitan dengan Peremajaan Taman Baca, bisa melalui 2 opsi :

    1. Dibawa saat Acara Gabung Mulung Tidung 2

    2. Atau kamu bisa ngumpulin sambil Ngumpul bareng di acara TRIPPERS GATHERING yang akan dilaksanakan pada : 14 Agustus 2011 di Monaco Resto and Lounge. Info selengkapnya di http://www.facebook.com/ev​ent.php?eid=20757343595844​1

    Untuk tekhnis lengkapnya kamu bisa simak untuk itinerari acara dibawah ini:

    Sabtu, 17 September 2011

    07:30 am : kumpul di muara angke (jangan telat!)
    07:45 am : berangkat ke pulau tidung
    10:15 am : tiba di pulau tidung (disambut oleh pemerintah setempat dengan iringan tari2an
    tradisional oleh anak2 pulau tidung)
    10:40 am : ke penginapan masing2 dituntun oleh tim leader setiap grup
    11:15 am : kumpul didepan kantor kelurahan untuk makan siang
    12:15 pm : selesai makan siang, briefing untuk program2 yang akan dilaksanakan
    12:35 pm : pembagian grup oleh panitia (setiap grup ada 1 tim leader dan 1 photographer)
    grup mulung dipantai
    grup mulung dipemukiman
    grup tanam bakau
    grup bersih bersih taman baca
    13:00 pm : mulai mulung, tanam bakau (lihat situasi air naik/turun), bersih2 taman baca
    16:00 pm : selesai mulung, tanam bakau, bersih2 taman baca
    16:05 pm : masing2 grup jalan menuju tempat pembakaran sampah (re-incerator)
    16:15 pm : start pembakaran sampah
    16:45 pm : selesai membakar sampah
    acara bebas
    bersih2/mandi
    sholat
    18:30 pm : acara ramah tamah di tanjungan (dekat dengan jembatan cinta)
    makan malam
    pemutaran trailer gmt 1 dan gmt 2
    tari2an tradisional oleh anak2 pulau tidung
    kuis berhadiah dari para sponsor (door prize)
    ramah tamah antara peserta, penduduk dan pemerintah lokal
    22:15 pm : semua peserta kembali ke penginapan masing2 dan istirahat

    Minggu, 18 September 2011

    05:30 am : bangun pagi, bersih2, mandi, sholat, acara bebas (sunrise @ jembatan cinta)
    07:00 am : makan pagi didepan kantor kelurahan
    08:00 am : acara bebas
    snorkeling (yg ikut snorkeling akan menyaksikan peragaan penggunaan batu kubus), mancing, sepeda-an, banana boat
    jalan2 ke pulau tidung kecil
    lompat bebas jembatan cinta
    foto2 dan bernarsis ria
    FLASH MOB, holi colours dan songkran (Optional)
    12:30 pm : kumpul didepan kantor kelurahan untuk makan siang
    13:30 pm : selesai makan siang, kembali ke penginapan masing2, ngepak untuk pulang jakarta
    13:45 pm : kumpul didermaga dan naik ke kapal masing2
    14:00 pm : berangkat ke muara angke
    17:00 pm : tiba di muara angke, peserta pulang kerumah masing2

    Masih penasaran, atau ada yang mau ditanyakan, silahkan hubungi:

    ARTA – 021.83670880
    JAY – 021.93501737
    TITA – 021.71588677

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s