Tumuli Park : komplek makam situs sejarah dinasti Silla

Sumber gambar :  http://www.pbase.com/bolla49/image/128040432 milik Jan Erik Johnsen

Dulu… sewaktu diajak mengunjungi Tumuli Park sebagai bagian dari acara field trip ke propinsi Gyeongju, saya tidak punya gambaran sedikitpun tentang tempat apa yang akan dikunjungi. Selain sibuk kedinginan karena sempat kehujanan di Seokguram Grotto saat cuaca tidak mendukung para peserta trip untuk having fun, sang tour guide pun memberikan penjelasannya secara cepat..*maklum pindah kota, jadi rada tulalit hehe..*  Waktu itu entah kenapa, saya ga semangat buat ambil gambar.. jadi sekarang nyesel 😦

Di Korea, taman ini dikenal sebagai Daereungwon Tomb Complex (Cheonmachong Tomb)..  Nah, saya ingat jika kosa kata Cheonmanchong ini kerap disebut bolak-balik oleh guide saat menemani kami menyusuri komplek makam.  Letaknya di Gyeongsanbuk-do Gyeongju-si Hwangnam-dong 82-2. Jangan tanya cara kesananya gimana ya.. dulu saya cuma duduk manis terima beres. Namanya juga rejeki gratisan. Harga tiket masuknya secara grup lebih murah dibanding perseorangan..*hwaa, bukti karcisnya ilang..*. Infonya lihat di http://www.lifeinkorea.com/Travel2/216

Ternyata Tumuli Park adalah komplek makam para raja dan orang-orang yang berkuasa dari dinasti Silla. Ada 23 makam berukuran besar, bahkan sangat besar dibanding rumah saya yang luas tanahnya cuma 150 m2.  Yang paling terkenal adalah Cheonmachong  (Heavenly Horse Tomb) dan Hwangnamdaechong *hiyaa..keriting deh nyebutinnya*.  Pada penggalian situs tahun 1970-an di makam Cheonmanchong ini ditemukan lukisan kuda dari era dinasti Silla, sehingga dinamakan Heavenly Horse Tomb. Konon menurut kepercayaan mereka, kuda itulah yang akan membawa arwah sang raja ke surga. Kami juga dipersilakan memasuki makam yang sudah diubah menjadi semacam galeri tempat memamerkan replika peninggalan yang ditemukan berupa mahkota raja, perhiasan, dan barang-barang terbuat dari emas. Benda aslinya disimpan di museum nasional Gyeongju. Kesemuanya menunjukkan kemewahan gaya hidup sang raja saat berjaya. Di dalamnya serasa bukan berada di kuburan, ga ada serem-seremnya..

Hwangnamdaechong  (a double gourd-shaped tomb) yang merupakan makam terbesar adalah tempat disemayamkannya raja dan ratu. Di dalamnya terdapat 30ribuan barang peninggalan dan asesoris yang terbuat dari emas.  Yang unik asesoris yang ditemukan pada makam sang ratu di sini ternyata lebih  mewah, Hal ini terjadi karena beliau memiliki posisi sosial lebih tinggi sebelum menikah. (sumber : official site of Korea Tourism)

Berkelana mengunjungi makam raja-raja jaman baheula memberikan suatu pengalaman yang berbeda. Kota Gyeongju yang penuh sejarah ini merawat peninggalan bersejarahnya dengan amat prima. Mereka memfasilitasi sebuah situs dengan infrastruktur yang sangat baik sehingga menunjang kondisi pariwisata negara tersebut. Dan yang paling utama adalah kebersihan yang selalu dijaga. Salut!

Iklan

2 thoughts on “Tumuli Park : komplek makam situs sejarah dinasti Silla

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s