Harga sebuah nyawa

Posted by R.D via email Apr 07, 2008 (temen 35’ku yang masih mukim di Qatar)

Warga Indonesia di Doha lagi heboh, soalnya ada sesama Indonesia yg nabrak penyebrang jalan (orang India) sampe meninggal. Si penabrak belum ada 1 th di Doha. Kabarnya sih kemarin disidangnya, tapi gw belum tau gimana hasilnya.

Yg pengen gw ceritain, ternyata disini nyawa emang ada harganya. Sidang kemarin itu katanya untuk memutuskan si penabrak masuk penjara ato nggak. Klo saat itu dia melebihi batas kecepatan yg diijinkan di jalan tsb, orang itu bakal masuk penjara + bayar nyawa korban. Klo dia masih dlm kecepatan yg diijinkan, gak masuk penjara, cuma bayar nyawa korban aja. Anehnya harga nyawa beda2, tergantung asal orang tsb. Secara si korban berasal dari India, maka harga yg harus dibayar cukup sekitar 75000 QR aja. Klo korbannya orang Arab, apalagi Qatari, harganya bisa sampe 125.000 – 150.000 QR. Mungkin karena penduduk India buanyak banget kali ya jadi nyawanya dikasih harga murah…… Entah klo orang Indonesia, dihargain berapa nyawanya…..

Gw dari dulu emang ngeri ama kondisi lalu lintas di Doha. Yg bawa mobil ngebut2 banget, sementara yg nyebrang jalan suka seenaknya aja…kadang gak pake tengok2 n jalannya nyantai…..yg namanya senggol2an mobil udah bukan hal aneh. Mobil di sini bagus2….tapi buanyak yg lecet ato penyok2. Gw sendiri udah dapet SIM Qatar dari 2 th yg lalu, tapi sampe sekarang belon berani nyetir…….

Gw orangnya kagokan n susah banget ngapalin jalan, udah gitu refleks gw mantep banget. Klo ada mobil tiba2 nyalip ato orang tiba2 nyebrang langsung gw   Tiinn…Tiiiiinnnn……!! Tapi suara Tin tin nya itu bukan berasal dari klakson….melainkan dari mulut gw….

Gak lama setelah gw dapet SIM, mobil gw di tabrak dari belakang,padahal mobil lagi brenti nunggu giliran mo masuk jalan utama. Gw jadi ngeper deh mo bawa mobil. Setelah beberapa bulan ngumpulin keberanian n gw udah mo bawa mobil eehh….accident lagi, lebih parah dari yg pertama, mobil gw sempet terbang beberapa detik, untungnya gak ngeguling.

Waahh udah deh tambah gimanaaa gitu gw. Beberapa bulan setelahnya….lagi2 mobil gw ditabrak orang. Kali ini lagi brenti di lampu merah, gak tau orang itu ngantuk ato nggak sempet ngerem ato ngelamun….mobil lagi brenti dihantem juga. Ngeri dah pokoknya. Walau kita hati2, gak ngejamin aman2 aja di jalan…

Yah gitulah….mo nyeritain harga nyawa malah ngelebar kemana2……


2 thoughts on “Harga sebuah nyawa

Tinggalkan Balasan

