Balada TKI Qatar

Sebuah pengalaman lucu yang dituliskan oleh salah seorang sahabat yang kebetulan bermukim di Qatar tentang kesehariannya..
Re-post MP 21 Apr 08
Posted by : R D – Qatar
(temen 35’ku yang sekarang ikut suami di negeri orang)

Sekarang ini makin banyak TKI yg kerja di bidang2 formal, gak melulu sekedar jadi pembantu, supir, pekerja kebun, pekerja bangunan. Artinya kan pekerja Indonesia mulai diakui n diterima di dunia Internasional untuk pekerjaan2 yg membutuhkan skill tertentu (pembantu dll jg sebenernya perlu skill ya….).

Di Qatar, makin banyak pekerja2 Indonesia yg berdatangan mencari sesuap nasi (+ segenggam berlian…). Mereka mulai mengakui kualitas n kinerja pekerja2 asal Indonesia yg gak kalah sama negara2 lain. Cuma yg gw liat kendalanya adalah dari segi kemampuan berbicara dlm bhs asing (Arabic n English).  Klo pekerja2 asal India, Philipina, apalagi yg emang bahasa ibunya English, mereka pinter2 Englishnya, jadi untuk menyampaikan pendapat lebih jelas n gampang dimengerti oleh rekan kerja ato atasan mereka, ato klien mereka. Klo yg dariIndonesia rata2 datang dgn English seadanya yg kemudian dilancarkan sambil jalan selama bekerja di sini. So mereka ada hambatan saat harus berargumen ato sekedar menyampaikan apa yg pingin disampaikan. Tapi diluar kekurangan itu, intinya pekerja2 formal asal Indonesia udah masuk dalam kancah persaingan, gak lagi (terlalu) dipandang sebelah mata.

Sayangnya…………

Saat orang2 lain mulai mengakui eksistensi pekerja2 formal Indonesia, justru pekerja2 asal Indonesia sendiri (khususnya yg di bidang non formal) masih belum ngeh kalo ada juga orangIndonesia yg kerja di perusahaan2 dgn gaji besar n fasilitas ok, sampe bisa bawa keluarga mereka ke sini.

Sering gw saling berbagi cerita sama tetangga ato temen2 pengajian tentang pengalaman kita2 saat ketemu mbak2 (pembantu) asal Indonesia n kita dituduh sebagai pembantu juga. Ada yg santai aja nanggepinnya, ada juga yg kesel, soale si mbak2 itu klo nyapa pake sebutan situ ato kamu, yg kesannya gak sopan.

Kalo sore, apalagi hari libur banyak banget tuh mbak2 yg ngasuh anak2 majikannya di taman2 tempat orang2 pada santai n ngelepas penat. Naah klo pas ketemu mereka itulah biasanya kita jadi tertuduh.

Biasanya pertanyaan mereka diawali dengan “situ majikannya orang mana?”. Kalo yg lagi sama anak2nya ditanya “itu anak2 majikannya ya?”. Pokoke bagaimanapun penampilan kita, mereka tetep ngira klo perempuan2 Indonesia di sini pasti pembantu. Ada yg ngomel2 karena ketemu mbak2 di mall (padahal mereka pake baju rapi n cincin ngejejer di jari2nya + dandan menor) eh ditanya “majikan situ orang mana, itu cincinnya dibeliin majikan ya?”….ada  juga yg lagi bawa anak2nya ditanya “situ jadi baby sitter yaaa?”. Ato ada juga yg ketemu mbak2 di pesawat waktu mo mudik sama anaknya trus ditanya ” boleh ya, anak majikan kamu dibawa pulang ke Indonesia?”

Klo pengalaman gw sendiri, gw pernah ngobrol ama mbak2 di taman waktu nemenin anak2 gw main.

si mbak : “itu anak2 majikan kamu ya?”

gw          : “bukan, itu anak2 saya”

si mbak  : “oh…pada sekolah disini?”

gw          : “iya…”

si mbak  : “wah, majikan kamu baik banget ya, boleh bawa anak2 kesini…disekolahin lagi. Emang majikan       kamu orang mana?”

gw          :  (tersenyum dgn sangat manisnya)

Ato pengalaman suami gw saat ngedampingin anak2 main pasir (gw duduk2 di rerumputan agak jauh dari mereka), ada mbak2 yg nyamperin suami gw.

si mbak : ” mas, dari Indonesia juga ya?”

budut    : ” iya…”

si mbak : “disini nyupir di mana mas….?”

budut    : ” wah saya nggak nyupir, kerja yg laen…..” (sambil ngeloyor pura2 sibuk sama anak2)

Abis itu suami gw nyamperin gw n cerita tentang obrolannya sama si mbak trus ngegerutu ” wah si mbak itu nanyanya kok gak liat2 dulu, masa’ ngganteng begini dibilang supir……”

Emang bener juga sihh…..mana ada supir yg klo diliat sekilas mirip2 Ari Wibowo….. (liatnya bener2 sekilas aja loh, jangan lama2).

 Yaah ..begitulah ironi yg ada. Mungkin karena wawasan mereka belum terbuka, jadi mereka ngira klo TKI pasti pembantu ato supir ato kuli. Gw sih nyantai aja nanggepin tuduhan mereka. Bukan sepenuhnya salah mereka kan kalo punya anggapan spt itu. Kek yg udah gw bilang, mungkin karena wawasan mereka yg belum terbuka….ato karena emang penampakan gw mirip pembantu……  , Gw kan gak pernah dandan, paling pake bedak aja…trus gw juga orangnya bersih banget….maksudnya gak ada perhiasan di sekujur tubuh gw. Buat gw, perhiasan gw ada di dalam hati gw……..alamaaaaaaakk…….suit suiiit………..

Udah ah, kepanjangan ceritanya…………..bosen gak bacanya??????

3 thoughts on “Balada TKI Qatar

  1. wkwkwkwk … terhibur banget baca postingan ini. thanks sharingnya yah mbak. btw, temen mbak namanya siapa? kali aja aku kenal 🙂
    huhuh .. aku kira emang muka ku kayak pembantu. heheheh.. beberapa kali jg euy disangka pembantu :(( …

  2. Ping-balik: Berkaryalah.. dengan atau tanpa gelar sarjana « written minds

Tinggalkan Balasan

