Melangkah 1,5 jam dari Jakarta

Buat sebagian orang Indonesia, mengunjungi negeri kecil yang berjudul Singapura bisa jadi seperti sudah jadi bagian hidup. Tapi tidak dengan saya, entah mengapa dari dulu saya tidak tertarik untuk pergi ke sana. Entah dalam rangka apa, tiba-tiba kami berempat memutuskan untuk have a sight seeing di sana. Kebetulan ada teman yang sudah  expert di bidang jalan-jalan di Singapura, jadi baguslah ada guide gratisan.

Kami bukanlah tim backpacker sejati, sehubungan dengan usia  yang sudah makin berumur maka kami berusaha untuk membuat akomodasi menjadi senyaman mungkin tapi tidak terlalu mahal. Kami menginap di hotel Grand Santa Bugis, pilihan yang cukup tepat untuk mulai menjelajah kesana-kemari. Terpikir untuk menjelajah Singapore dengan ikut hop on hop off tour sebagai prolog, tapi  akhirnya malah diputuskan pergi ke Sentosa island. Ya sudahlah, mumpung disana.. meski akhirnya sadar, pergi ke Sentosa akan lebih menyenangkan bagi anak-anak. Esoknya baru menjelajahi tempat-tempat yang wajib dikunjungi atau berkeliling di sekitar Bugis street.  Tapi seakan melupakan rasa lelah seharian di Sentosa, malamnya kami lanjut lagi berjalan kaki dari MRT terdekat. Dengan berbekal peta dan petunjuk arah serta pengalaman menyusuri jalan yang kami peroleh selama di Jepang, kami mengunjungi Fountain of Wealth, lalu menyusur ke arah Esplanade dan tanpa sengaja menemukan Merlion Park.. whuaa.. ndeso, ga sadar kalo tempatnya berdekatan. Cantik sekali night scenes di wilayah itu, sayang saya tak punya kamera canggih yang bisa mendokumentasikan keindahan malam – meski ketika punya kamera baguspun, tetapa saja saya tak bisa mengoperasikannya..hiiks- Pulangnya karena hampir mendekati jam 9 malam, kami agak kebingungan mencari MRT terdekat, jadi kami berjalan terus  sampai hampir mendekati Marina. Untunglah kami bertemu seseorang yang diprediksi akan pergi ke MRT dan ternyata benar, sehingga terselamatkanlah kaki kami dari kelelahan yang amat sangat.

Esoknya sebelum pergi menuju bandara, kami sempatkan lagi untuk pergi ke Merlion Park. Ternyata kami mendapatkan rute terdekat dengan pintu exit di sekitar hotel Fullerton. Ya ampun, kalau tau gitu.. semalam mungkin kita tak akan terseok-seok 😦 Setelah jeprat-jepret sambil menikmati area sekitarnya, kami beranjak menuju Orchard namun ternyata disambut hujan deras -kabarnya sampai terjadi banjir- akhirnya kami tidak jadi walking around dan memutuskan kembali ke hotel untuk bersiap-siap pulang. Biarlah, meski tak banyak obyek wisata yang sempat kami jelajahi.. minimal perjuangan berjam-jam berjalan kaki mencari  patung Merlion menjadi cerita unik tersendiri bagi para ibu-ibu ini .. 😀