Kapan bisa ke Korea lagi ya?

Perkenalan dengan Korea dimulai saat saya masih SMP .. bermula dari sebuah handbook pemberian Korean embassy, sejak itu saya langsung semangat untuk mengulik Han bok, Han ok, nulis Han geul (karena relatif lebih mudah dihapal walaupun pelafalannya bikin mulut keriting), tetapi kosakata yang saya tau akhirnya cuma bap, dal, dan nun aja .. hehe

Setelah bertahun-tahun menunggu, 2006 .. akhirnya saya berkesempatan pergi ke Korea untuk mengikuti training dari kantor bersama seorang teman. Dengan penuh perjuangan, kami mengikuti prosedur yang berkelit-kelit .. saking nervous dan excitednya, saya gak akan percaya bisa pergi sebelum bener2 sampe di Incheon.

Tiba di airport, seharusnya tinggal di KOICA center tapi ternyata center penuh .. sehingga kami ditempatkan di Hotel Ritz Carlton Seoul dengan fasilitas yang sangat wah buat ukuran staff pns gol 3b seperti kami .. jujur aja, saya merasa bersalah karena kebetulan saat itu terjadi bencana lapindo dan gempa yogya .. duh

Seoul yang mempesona .. kota metropolis, high tech, dinamis, modern, crowded, luxurious (khususnya di hotel), tradisional, highly air polluted.  Tradisi budaya jaman baheula ditata apik di Korean Folk Village, Deoksugung Palace, dkk (maklum lafalnya susah..). Lebih-lebih saat pergi ke Gyeongju dan sekitarnya .. walaupun diguyur hujan tapi seru.. saya merelakan kamera digital penuh dengan pemandangan indah, walaupun akhirnya agak disesali .. karena gak banyak foto saya yang terambil .. (abis bagusan backgroundnya sih .. hihi)

Budaya, bahasa, teknologi, tradisi, film, musik (walaupun gak ngerti), romantisme, makanan (tapi bukan daging..) membuat saya jadi Han minded .. yel-yel Dae Han Min Guk .. cukup mengena, tapi tidak pada personality .. mereka bilang orang Han sangat pemalu terhadap orang asing (mungkin karena gak bisa komunikasi), tapi dari pengalaman pribadi sih terlihat arogan, karena kalo nyenggol orang, gak mau minta maaf padahal lumayan sakit lo .. Tapi aslinya kebanyakan orang Korea jauh lebih cakep dan lebih tinggi dibanding negara tetangga lo .. bener kan?

Training mengenai air pollution kami berlangsung di komplek riset yang lengkap, di KIST. Jujur aja .. materinya terlalu advanced untuk kategori negara Indonesia tercinta yang sudah ketinggalan banyak, tapi bener2 bisa membuka pandangan .. (dan membuka kamus Eng – Ina) karena para professor kebetulan keluaran dari univ di Amrik.. Teknologi yang mereka pamerkan jelas ingin mengindikasikan bahwa mereka setara atau jauh lebih baik dari musuh bebuyutan mereka .. Jepang.

Yang jelas buat saya pribadi kesempatan pergi ke Korea adalah suatu hadiah dan berkah dari Allah .. alhamdulillah, semoga suatu saat bisa kesana lagi ..

PS : kamsa hamnida buat temen2 yang saat ini mukim di Korea atas infonya .. obat kangen (re-post MP)

Iklan

One thought on “Kapan bisa ke Korea lagi ya?

  1. Ping-balik: Keep dreaming « written minds

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s