Training Kobe

Setelah menghabiskan 2 minggu ‘bersenang-senang’ di Osaka, kami harus pindah ke Kobe untuk the real purpose, training. Kami ditempatkan di center HIC yang baru saja ditempati tahun 2001, letaknya di Chuo-ku, tepi laut. Berbeda dengan HIC lama yang terletak di ‘gunung’ dan harus olahraga naik turun.. perjalanan kami dari dan ke tempat tujuan cukup ringan. Tempat training kami adalah institusi HIPHES, jadi dari center menuju lokasi ditempuh dengan kereta. Dimulai dari stasiun Nada sampai Takatori, kurang lebih 30 menit perjalanan plus jalan kaki menuju stasiun total 20-30 menit ala saya,  1 jam klemar-klemer… selalu ngos-ngosan kalo jalan sama orang jepun.

Di HIPHES, kami diurusi oleh tiga sensei utama Dr. Tamaki (leader), Dr. Aikawa, dan Mr. Hiraki. Kami diberi jadwal pengenalan mulai masalah preview sampai ke analisis di laboratorium. Karena menyangkut deposisi asam, topik training melingkupi polusi udara, asal usul & efek hujan asam, analisis deposisi basah, deposisi kering, inland, serta soil dan vegetasi. Tak lupa sekaligus kunjungan ke beberapa site, guna melengkapi keperluan praktikum.

Berada di bawah pengajaran para sensei tersebut terasa sangat bermanfaat namun tergolong  strict, terutama Dr. Tamaki  yang selalu memberikan jadwal additional lesson setiap hari, sehingga jadwal kepulangan kami bergeser menjadi jam 17.00 .. aww. Beliau selalu menekankan berkali-kali bahwa kami datang ke Jepang untuk belajar, bukan have fun.. hiiiks, bener banget.. tapi rasanya jadi  sangat melelahkan.  Kadangkala kami merasa iri juga dengan grup lain yang bisa sampai ke center sebelum jam 18. Namun begitu para sensei tadi tergolong murah hati karena masih mau menyediakan snack, teh dan kopi pada waktu rehat *tadinya saya kira tersedia untuk kira semua grup training, tapi ternyata tidak..*

Waktu kami berlalu dengan aktivitas rutin pulang balik center-institut mulai Senin sampai Jum’at.  Sisa akhir minggu biasanya kami cocokkan dengan kegiatan center, jika ada gathering ataupun acara lain, kami join. Oh, iya biasanya ada kegiatan yang berkaitan dengan budaya Jepang seperti upacara minum teh, belajar menggunakan  kimono, belajar origami (seni melipat kertas) maupun merangkai bunga pada waktu tertentu. Guru-gurunya adalah volunteer jepang asli. Ada seorang wanita tua yang sangat dinamis dan modis pengajar origami, kami memanggilnya Betty-san.  Orang-orang yang pernah tinggal di HIC sebelum 2005 pasti mengenalnya.

Rasanya di Kobe, kami  malah jarang bereksplorasi.. nyesel juga sih ternyata,  padahal center kami berdekatan dengan museum gempa Kobe (the great hanshin awaji eartquake memmorial disaster),  museum seni  prefektur Hyogo, oji koen park, Kobe harbour,  cable car di Mt. Rokko..  tapi entahlah rasanya waktu itu kami malah keranjingan karaoke ataupun bermain bola sodok (dimana akhirnya saya nyerah, ga pernah bisa..)  Saking seringnya grup kami booking ruang karaoke, resepsionis sampai bertanya.. “apa kalian ada rencana mau rekaman?” hihihi…  Mungkin juga karena waktu itu sudah mulai bertepatan dengan bulan ramadhan, sehingga badan saya tak cukup kuat untuk keliling kota. Pernah juga saya sempatkan mengunjungi mesjid Kobe untuk ikut berbuka puasa bersama, tapi rasanya kurang berkesan karena saya mungkin tidak pandai berkomunikasi dan tidak punya teman jalan karena sedikitnya trainee muslim. Paling banter bersama teman-teman akrab dihabiskan dengan jalan-jalan ke stasiun Sannomiya berburu barang-barang 100 yen shop.. halaaah, belanja terus….atau pergi ke Motomachi, daerah chinatown.

But anyway, I love Kobe and the people around, thank God I’ve been living there even for 2 months only

(in memoriam our beloved sensei, Dr Tamaki & Betty-san)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s