Round trip Kobe-Niigata-Tokyo-Tsukuba-Kobe

Menjelang minggu ke 9 beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri, kami dijadwalkan untuk mengikuti round trip yang dipimpin oleh Dr Aikawa. Perjalanan dimulai dari Kobe menuju Osaka menggunakan JR, kemudian dilanjutkan dengan naik shinkansen menuju Niigata. . *yang kemudian pada training berikutnya ternyata para peserta difasilitasi naik pesawat terbang langsung ke Niigata 😀 *

Kota Niigata merupakan tempat institusi ADORC yang menaungi masalah deposisi asam di Asia Tenggara, jadi kami tinggal disana selama 3 hari untuk mengikuti lecture yang akan disampaikan oleh para staf ADORC, sambil mengunjungi site di sana. Kami tak berkesempatan mengunjungi Sado Island karena cuaca buruk. Tapi rasanya, saya tak sanggup ke Sado.. cuaca di Niigata mulai terasa sangat menusuk karena mulai memasuki musim dingin. Kami tinggal di hotel Niigata Inn yang terletak tak jauh dari stasiun Niigata yang terlihat lebih sederhana dibanding Sannomiya. Delapan tahun kemudian, saya kembali lagi Ke Niigata dan tidak bisa mengenalinya karena sudah terjadi perubahan besar-besaran.

Sehari sebelum Idul Fitri, perjalanan kami dilanjutkan ke Tokyo untuk berkunjung ke beberapa kantor pemerintahan sambil mengikuti lecture dan berjalan-jalan.. ah, akhirnya.. bisa sampai ibukota Jepang. Tapi agenda jalan-jalan kami tidak dipimpin oleh DR Aikawa, melainkan selembar peta. Dengan modal nekat massal, karena berombongan.. akhirnya sampai juga kami di Akihabara dari hotel Tokyu Inn. Oh, ya .. suasana Idul Fitri kali itu terasa sangat sepi, karena saya tak punya siapa-siapa. Shalatpun saya lakukan sendiri di hotel.. hiiks. Dalam perjalanan,  saya sempat berjanji akan bertemu teman kuliah saya yang sudah bermukim di Tokyo selama tiga tahun di stasiun Shinjuku yang terasa crowded. Berbekal  makanan Indonesia & rindu yang amat sangat, kami saling menunggu selama lebih dari dua jam. Saya hampir putus asa, karena teman yang saya nanti tak kunjung tiba dan hampir memutuskan untuk naik kereta pulang ke hotel.  Tanpa disangka, tiba-tiba muncul seorang perempuan berkerudung yang mendorong kereta bayi berteriak memanggil saya.. Duuh, betapa senangnya kami dengan pertemuan sesaat itu. Usut punya usut ternyata kami menunggu di jalur yang berbeda, saya di track 3, dia di track 8.. 😀 jadilah judulnya saling menanti seperti itu. Untungnya dia berinisiatif mengunjungi jalur kereta saya karena melihat samar-samar dari kejauhan.

Di Tokyo pula, akhirnya saya bertemu dengan salju. Hal itu benar-benar menjadi berkah buat saya pribadi, karena sebelumnya Tokyo jarang disinggahi salju. Rupanya Allah berkenan memberikan nuansa salju bagi wong ndeso ini. Kesempatan ini tak kami sia-siakan, dengan noraknya kami berfoto-foto secara hiperbola menikmati guguran salju di depan lobi hotel.

Setelah tiga hari di Tokyo perjalanan dilanjutkan ke Tsukuba untuk melanjutkan sesi lecture dari seorang pakar.. *waduh, saya lupa namanya, padahal baru September kemarin kami bertemu kembali*. Di Tsukuba, kami tinggal dua hari di Tsukuba Int’l Center yang cukup tua, letaknya sangat jauh dari keramaian. Tak banyak yang kami singgahi sepanjang perjalananan ini karena salju turun cukup lebat.  Selanjutnya kami harus segera bersiap-siap untuk kembali ke HIC, untuk segera mengerjakan Final Report sebelum pulang ke negara masing-masing….

6 thoughts on “Round trip Kobe-Niigata-Tokyo-Tsukuba-Kobe

  1. Ping-balik: Keep dreaming « written minds

  2. Tokyu Inn biasa lah hehehe… lebih murah Shinjuku Washington Hotel. Kalau ada kesempatan ke sini lagi.
    Idul Fitri sih di sini ngga libur, pasti sedih sekali ya.
    Tapi Natal di sini juga tidak libur kok. sami mawon hehehe

    EM

Tinggalkan Balasan

